Sabtu, 04/05/2024 - 03:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Finlandia Umumkan Siap Jadi Anggota NATO

ADVERTISEMENTS

NATO bersedia mempercepat proses ratifikasi nasional untuk Finlandia dan Swedia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 BERLIN — Presiden dan pemerintah Finlandia Ahad (15/5/2022) mengumumkan bahwa negara Nordik yang sebelumnya netral itu bermaksud mengajukan keanggotaan di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Ini membuka jalan bagi aliansi militer Barat yang beranggotakan 30 orang untuk berkembang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Presiden Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin membuat pengumuman itu pada konferensi pers bersama di Istana Kepresidenan di Helsinki. “Ini adalah hari yang bersejarah. Era baru dimulai,” kata Niinisto.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Parlemen Finlandia diperkirakan akan menyetujui keputusan itu dalam beberapa hari mendatang, tetapi itu dianggap sebagai formalitas. Berkas keanggotaan formal akan diajukan ke markas NATO pada pekan depan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Gedung Putih Bantah Terima Peringatan Dini Serangan Iran ke Israel


Finlandia memiliki perbatasan panjang dengan Rusia. Kemajuan militer Rusia di Ukraina tampak goyah dengan pengumuman ini dan ada harapan Ukraina akan memenangkan peperangan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Para petinggi NATO bertemu di Berlin pada Ahad untuk membahas pemberian tambahan untuk Ukraina, serta langkah-langkah Finlandia dan Swedia untuk menghadapi ancaman Rusia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


“Invasi brutal Rusia kehilangan momentum. Kami meyakini dengan keberanian rakyat dan tentaranya, Ukraina akan memenangkan perang,” kata Wakil Sekretaris Jenderal NATO, Mircea Geoana.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Selain keanggotaan Finlandia dan Swedia, masalah utama yang sedang dibahas di Berlin adalah perluasan NATO di luar 30 negara anggotanya saat ini.


Swedia juga telah mengambil langkah-langkah untuk bergabung dengan aliansi. Sementara, tawaran Georgia kembali dibahas meskipun ada peringatan mengerikan dari Moskow tentang konsekuensi jika tetangganya menjadi bagian dari NATO.

Berita Lainnya:
PBB: Bantuan ke Gaza tak Boleh Jadi Dalih Israel Menyerang Rafah


Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan negaranya dan yang lainnya menjelaskan mereka bersedia mempercepat proses ratifikasi nasional untuk Finlandia dan Swedia. “Jika kedua negara ini memutuskan untuk bergabung, mereka dapat bergabung dengan sangat cepat,” katanya.


Menteri luar negeri Denmark menolak saran bahwa keberatan dari Presiden Rusia Vladimir Putin dapat menghalangi aliansi untuk membiarkan anggota baru masuk. “Setiap negara Eropa memiliki hak mendasar untuk memilih pengaturan keamanan mereka sendiri,” kata Jeppe Kofod kepada wartawan.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi