Kamis, 09/05/2024 - 04:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei LSJ: Elektabilitas Prabowo Unggul dari Ketum Parpol Lainnya

ADVERTISEMENTS

Survei tunjukan Prabowo sebagai Ketum Parpol dengan elektabilitas tertinggi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menunjukan mayoritas publik setuju partai politik sebagai sumber utama rekrutmen calon presiden (Capres). Berdasarkan hasil survei, Prabowo Subianto menjadi ketua umum parpol dengan tingkat elektabilitas tertinggi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Keinginan sejumlah pimpinan parpol seperti Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan lainnya untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024 perlu diapresiasi bahkan harus didorong,” ujar Peneliti Senior LSJ, Fetra Ardianto dan Reska Transiska, Jumat (17/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Fetra menjelaskan, berdasarkan hasil survei LSJ, bagian terbesar responden (52,8 persen) mengaku setuju jika parpol menjadi sumber utama rekrutmen capres. Hanya 35,4 persen responden yang tak setuju parpol sebagai sarana utama rekrutmen capres dan sisanya (11,8 persen) menjawab tidak tahu.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Prabowo dan Erdogan Saling Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri


Fetra melanjutkan, meskipun dalam survei LSJ sebelumnya hampir 50 persen publik setuju adanya calon independen dalam pilpres 2024, namun data survei terbaru LSJ kali ini menegaskan bahwa parpol tetap harus menjadi sumber utama rekrutmen capres. “Artinya setiap orang yang ingin ikut kontestasi capres hendaknya melalui parpol,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Fetra mengatakan, pihaknya juga menanyakan kepada responden, jika pilpres dilaksanakan hari ini dan hanya diikuti oleh para ketua umum parpol, siapakah yang dipilih? Hasilnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjadi yang tertinggi dipilih oleh responden.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


“44,4 persen menjatuhkan pilihan pada Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Di posisi kedua adalah Agus Harimurti Yudhoyono dengan 14,4 persen, diikuti Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan 5,6 persen, Ketum Nasdem Surya Paloh dengan 3,5 persen, Airlangga Hartarto dengan 3,1 persen dan Muhaimin Iskandar dengan 2,0 persen,” jelasnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pengamat Nilai Prabowo tak Hadir Halal Bihalal tak Berarti PKS Ditolak Masuk Koalisi


Sementara Ketum PAN Zulkifli Hasan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa masing-masing memperoleh dukungan kurang dari 1 persen responden. Sebanyak 25,3 persen mengaku bingung memilih ketum parpol yang mana alias belum menjatuhkan pilihan.


Survei nasional LSJ kali ini dilaksanakan pada 28 Mei sampai dengan 06 Juni 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh calon pemilih dalam Pemilu 2024 atau berusia 16 tahun ke atas. Jumlah sampel sebesar 1450 responden yang diperoleh melalui teknik multi-stage random sampling. Margin of error yang ditetapkan sebesar kurang lebih 2,57 persen dengan level of confidence 95 persen. Pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan seluruh responden yang dipandu dengan kuesioner.


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi