Senin, 17/06/2024 - 20:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pemerintah Diminta Carikan Solusi Atasi Kekurangan Rumah

Pemerintah harus memiliki strategi khusus untuk menangani persoalan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Anggota Komisi V DPR, Suryadi Jaya Purnama menilai pemerintah telah gagal menerapkan program untuk mengatasi backlog kepemilikan rumah dan pengentasan jumlah rumah tidak layak huni (RTLH). Ia pun mendesak pemerintah mencarikan strategi khusus untuk menangani persoalan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Pemerintah harus punya strategi khusus untuk mengatasi backlog rumah, terutama dengan percepatan, relaksasi, dan penyederhanaan syarat-syarat dan ketentuan dari perbankan hingga realisasi akad KPR subsidi untuk dapat menampung konsumen non-fixed income, UMKM, khususnya bagi MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) dan milenial,” kata Suryadi, Senin (11/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Suryadi mengatakan, menurut pemerintah, keterbatasan APBN merupakan salah satu penyebab belum tuntasnya masalah backlog perumahan ini. Selain itu, bentuk program penanganan juga perlu diperhatikan agar tepat sasaran.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Namun demikian, kegagalan penyediaan kebutuhan rumah hunian juga disebabkan oleh faktor lain, yaitu pemerintah gagal menumbuhkan minat swasta ikut membangun rumah hunian. Hal ini terjadi karena Pemerintah gagal meningkatkan daya beli masyarakat yang lemah, dimana jumlah rakyat miskin dengan pendapatan di bawah Rp 30.517 per hari saat ini berjumlah sekitar 150,2 juta orang (2018).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Persiapan Upacara Harlah Pancasila Terus Dipantau

Suryadi memandang pemerintah dapat memberikan bantuan pinjaman bagi kepemilikan rumah pertama, sehingga mereka tidak harus memberikan uang muka hingga 30 persen. Pembebasan biaya BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) bagi MBR juga merupakan contoh lain yang dapat diberikan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Selain itu, perlu juga adanya perbaikan regulasi untuk mendorong minat swasta. Stimulasi bagi swasta salah satunya dengan kemudahan mengkonversi aturan hunian berimbang, yaitu cukup dengan membangun rumah susun umum atau dengan nilai uang. Kurangnya peran swasta dalam pemenuhan backlog perumahan saat ini jelas merupakan bukti gagalnya regulasi yang ada saat ini,” ujar politikus PKS tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Reza Indragiri Masih Fokus Soroti Sperma di Jasad Vina: Ada 13 Laki-laki, Maaf Ini Spermanya Siapa?

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyatakan, gejolak global yang berpotensi mengakibatkan peningkatan suku bunga dapat berdampak pada sektor perumahan, yaitu masyarakat semakin sulit memiliki rumah. Karena itu, pemerintah akan fokus menggunakan keuangan negara membantu masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa memiliki rumah.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sri Mulyani mengatakan, harga tanah sebagai bahan pokok juga meningkat terutama di perkotaan. Ditambah bahan baku bangunan melonjak di tengah peningkatan inflasi seluruh negara.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Harga rumah ini cenderung naik dan membuat masyarakat akan sulit beli rumah. Ini jadi salah satu implikasi dari situasi dunia dan pengaruhnya ke perumahan,” ujarnya saat acara pembukaan Securitization Summit 2022, Rabu (6/7).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَلَمَّا جَاوَزَا قَالَ لِفَتَاهُ آتِنَا غَدَاءَنَا لَقَدْ لَقِينَا مِن سَفَرِنَا هَٰذَا نَصَبًا الكهف [62] Listen
So when they had passed beyond it, [Moses] said to his boy, "Bring us our morning meal. We have certainly suffered in this, our journey, [much] fatigue." Al-Kahf ( The Cave ) [62] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi