Jumat, 26/04/2024 - 12:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Kebiasaan Menaburkan Garam Ekstra pada Makanan Bisa Tingkatkan Risiko Kematian Dini

ADVERTISEMENTS

Hindari menaburkan garam ekstra pada makanan yang sudah dimasak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Garam dapat membuat banyak hidangan terasa lebih lezat. Tak heran bila ada banyak restoran yang menyediakan garam tambahan di atas meja makan untuk para pelanggan. Meski menggoda, keinginan untuk menambahkan garam ekstra ke dalam makanan sebaiknya diredam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam European Heart Journal, kebiasaan menambahkan garam ekstra ke dalam makanan bisa meningkatkan risiko kematian dini hingga 28 persen. Garam ekstra yang dimaksud adalah garam yang ditambahkan ke dalam makanan di luar garam yang digunakan pada proses memasak.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada perempuan berusia 50 tahun ke atas, kebiasaan menambahkan garam ekstra ke dalam makanan bisa menghilangkan 1,5 tahun harapan hidup. Sedangkan pada pria di kelompok usia yang sama, kebiasaan tersebut bisa menghilangkan 2,28 tahun harapan hidup.

ADVERTISEMENTS

“Kita membutuhkan garam di dalam pola makan kita, tetapi mengonsumsi terlalu banyak (garam) bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, yang kemudian meningkatkan risiko serangan jantung dan strok,” jelas perawat jantung senior dari British Heart Foundation, Chloe MacArthur, seperti dilansir Express, Senin (11/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
DPRK Desak Disdikbud Wajibkan Mata Pelajaran Bahasa Aceh

Studi terbaru ini dipimpin oleh Profesor Lu Qi dari Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine. Seperti dilansir Science Daily, studi ini melibatkan lebih dari 500 ribu partisipan.

“Sepengetahuan saya, studi kami merupakan (studi) pertama yang menilai hubungan antara garam pada makanan dengan kematian dini,” ungkap Prof Qi.

Studi ini dilakukan pada periode 2006-2010 di Inggris, di mana para partisipan diminta untuk mengisi kuesioner secara daring. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah mengenai seberapa sering para partisipan menambahkan garam ekstra ke dalam makanan mereka. Tim peneliti lalu memantau para partisipan selama rerata sembilan tahun.

Setelah menyesuaikan beberapa faktor risiko kematian dini yang lain, seperti kebiasaan merokok hingga penyakit kardiovaskular, tim peneliti menemukan bahwa kebiasaan menggunakan garam ekstra bisa meningkatkan risiko kematian dini. Kematian dini didefinisikan sebagai kematian yang terjadi sebelum berusia 75 tahun.

Berita Lainnya:
Kebakaran Hebat di Aceh Besar: Lima Rumah dan Satu Mobil Ludes Terbakar

Pada orang yang gemar mengonsumsi sayur dan buah, risiko kematian dini akibat sering menggunakan garam ekstra tampak lebih rendah. Akan tetapi, penurunan risiko tersebut tidak begitu signifikan secara statistik.

“Kami tidak terkejut dengan temuan ini mengingat buah dan sayur merupakan sumber utama kalium, yang memiliki efek protektif dan berkaitan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah,” jelas Prof Qi.

Konsumsi garam berlebih telah terbukti dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan. Sebagian di antaranya adalah tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Untuk menekan risiko tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan rekomendasi terkait konsumsi garam. Mengacu pada rekomendasi ini, batas konsumsi garam yang dianjurkan adalah kurang dari 5 gram garam atau sekitar 2 gram sodium per orang per hari.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi