Senin, 17/06/2024 - 00:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Sarjana Barat Ini Justru Sebut Bapak Sosiologi Bukan Durkheim dan Comte, Tapi Ibnu Khaldun

Kontribusi Ibnu Khaldun diakui dunia Barat sepanjang masa

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA— Kalau Anda mengetik father of sociology (bapak sosiologi) pada mesin pencari Google, kemungkinan besar nama yang muncul teratas adalah Auguste Comte (meninggal 1857 M). 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh


Mehmet SJAoyer dan Paul Gilbert dalam artikelnya yang terbit di International Journal of Sociological Research (2012) membantah klaim (algoritma) Google tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah


Menurut kedua akademisi dari Texas Woman’s University dan Mississippi State University Amerika Serikat (AS) itu, Comte memang berkontribusi besar bagi perkembangan sosiologi modern, tetapi bukanlah dia yang pantas menyandang gelar Bapak Sosiologi. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda


Begitu pula dengan Emile Durkheim (meninggal 1917 M). Ilmuwan Prancis yang juga kerap disebut-sebut sebagai pelopor disiplin keilmuan itu juga tidak bisa dikatakan sebagai father of sociology. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Tiga Kunci Keberkahan untuk Pedagang


Sebab, dasar teori-teori yang dikemukakan Comte maupun Durkheim telah diungkapkan sekitar lima abad sebelumnya oleh seorang sarjana Arab, yakni Ibnu Khaldun. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh


Bahkan, buah pemikiran ilmuwan Muslim itu masih terasa relevan hingga saat ini. Soyer dan Gilbert mencontohkan, cendekiawan penulis Muqaddimah itu memandang, setiap masyarakat mengalami perubahan dan evolusi sosial. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh


Dia juga mengambil kesimpulan berdasarkan studinya atas dunia Islam pada waktu itu bahwa tidak ada peradaban yang hidup selamanya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024


Pemilik nama asli Abdurrahman bin Muhammad itu merumuskan tahapan-tahapan perkembangan sosial, yakni dari masyarakat kurang-berkembang hingga masyarakat maju. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Bagaimana Agar Jamaah tak Keliru Melontar Jumrah? Begini Pedomannya


Sekira 500 tahun kemudian, gagasan yang nyaris identik dengannya disampaikan Comte. Konsep asabiyah yang dikemukakan sosiolog Muslim tersebut juga tidak jauh berbeda dengan solidaritas sosial yang digagas Durkheim. Maka dari itu, Ibnu Khaldun sangat layak dikatakan sebagai salah satukalau bukan satu-satunyaBapak Pendiri Sosiologi. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Terlepas dari perbandingannya dengan Comte atau Durkheim, reputasi dan kontribusi keilmuan Ibnu Khaldun diakui banyak pihak. Sederet pemikir Barat terkemuka, seperti Georg Wilhelm Friedrich Hegel, Robert Flint, Arnold J Toynbee, Ernest Gellner, Franz Rosenthal, dan Arthur Laffer, mengagumi pemikirannya.  

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard


sumber : Harian Republika

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا الكهف [96] Listen
Bring me sheets of iron" - until, when he had leveled [them] between the two mountain walls, he said, "Blow [with bellows]," until when he had made it [like] fire, he said, "Bring me, that I may pour over it molten copper." Al-Kahf ( The Cave ) [96] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi