IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Zulhas: Minyak Goreng di Jawa-Bali Sudah Turun, Maluku-Papua Masih Mahal

Zulhas: Minyak Goreng di Jawa-Bali Sudah Turun, Maluku-Papua Masih Mahal
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Zulhas akui wilayah Maluku-Papua masih terkendala dalam kirim minyak goreng curah

 BOGOR — Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengklaim, harga minyak goreng curah di wilayah Jawa-Bali sudah turun bahkan di bawah HET Rp 14 ribu per liter. Namun sebaliknya, kondisi harga di wilayah Papua dan sekitarnya masih cukup tinggi.


“Di sana masih mahal, masih Rp 23 ribu per liter. Saya akui memang, kita harus persiapkan. Di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan sebagian besar sudah Rp 14 ribu per liter bahkan di bawah,” kata Zulhas, sapaan akrabnya, usai meninjau kondisi harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Bogor, Jumat (22/7/2022).


Zulhas mengatakan, Kemendag akan bekerja sama dengan BUMN PT Pelni (Persero) untuk melakukan pengiriman minyak goreng curah dalam jumlah besar. Sebab, selama ini wilayah timur Indonesia memang sulit mendapatkan minyak goreng jenis curah karena alasan kendala logistik.

BACA JUGA:
Komut Bank Aceh, Taqwallah: UMKM Pilar Penting Akselerator Perekonomian


Sementara itu, langkah lain yang disiapkan, produksi minyak goreng curah kemasan atau Minyakita akan diprioritaskan untuk wilayah timur terlebih dahulu. Sejauh ini terdapat 79 perusahaan yang telah menwp-signup.phpkan diri sebagai produsen Minyakita.


Adapun untuk komoditas lain, Zulhas menuturkan telah mengalami penurunan. Ia mendata di Pasar Cibinong, harga daging ayam ras sudah turun dari Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 37 ribu per kg dan telur ayam ras dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg.

BACA JUGA:
Ekonomi Global Masih Suram, Jokowi Minta Jaga Stabilitas Politik


Bawang merah dari semula Rp 70 ribu per kg perlahan turun menyentuh Rp 40 ribu per kg. Adapun, untuk harga cabai rawit merah dari sempat Rp 150 ribu kini menjadi Rp 70 ribu pe rkg dan cabai keriting turun menjadi RP 80 ribu per kg.


“Kita bersyukur, barang-barang ketersediaannya ada, harga terjangkau,” katanya.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Zulhas: Minyak Goreng di Jawa-Bali Sudah Turun, Maluku-Papua Masih Mahal
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!