Jumat, 26/04/2024 - 18:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Asma Elbadawi Jadi Teladan Para Atlet Muslimah

ADVERTISEMENTS

Asma ikut berkampanye izinkan muslimah bisa bertanding dengan jilbabnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

LONDON – Seorang pemenang British Muslim Awards Asma Elbadawi telah menjadi panutan bagi banyak wanita Muslim di Inggris dan di tempat lain. Prestasinya di bidang olahraga sambil tetap mempertahankan hijab menjadi rujukan baik para Muslimah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Asma yang memenangkan penghargaan pada tahun 2019 untuk Rising Star in Sports mengatakan capaiannya saat ini adalah hasil dari perjuangan panjang. “Kami berkampanye ke FIBA untuk mengizinkan wanita Muslim mengenakan jilbab dalam bola basket profesional, yang merupakan kampanye global selama dua tahun, dan kami menang pada akhirnya saya mencoba memainkannya (basket) sekarang, ini sangat sulit dilakukan, tetapi saya masih mencoba bermain ketika saya bisa,” kata Asma dilansir dari About Islam, Sabtu (6/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Perhatikan Syarat dan Ketentuan Jamak Sholat Selama Lakukan Perjalanan Jauh Mudik Lebaran 

Berasal dari latar belakang Sudan, Asma adalah anggota klub bola basket Bradford Cobras. Tim itu adalah yang pertama kali berkampanye untuk mencabut larangan pemakaian jilbab dan tutup kepala agama lainnya selama bertahun-tahun dalam olahraga.

ADVERTISEMENTS

Sebagai hasil dari kampanye tersebut, badan pengelola Bola Basket, Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) mencabut larangan tersebut pada tahun 2014. Mereka akhirnya mengizinkan pemain untuk mengenakan hijab dan hiasan kepala agama lainnya di lapangan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Tips Menghindari Sikap Hasad

“Ketika saya memikirkannya, [ketika saya masih muda] saya berasumsi bahwa karena saya tidak melihat wanita olahragawan mengenakan jilbab di TV, ada sesuatu yang bertentangan dengan agama kami,” kata Elbadawi. “Saya berasumsi bahwa wanita diharapkan untuk mempertahankan kesopanan mereka dan bermain olahraga tidak sejalan dengan itu.”

Asma bertekad untuk melanjutkan perannya dalam mendorong gadis-gadis muda Muslim dalam olahraga sebagai pelatih, mentor dan penasihat. “Tantangannya sekarang adalah mendidik kembali komunitas kami tentang manfaat olahraga dan apa artinya bagi seorang perempuan untuk dapat ambil bagian,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi