Selasa, 07/05/2024 - 00:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Loyalis Najib Ajukan Petisi Pengampunan Kepada Raja Malaysia

ADVERTISEMENTS

Pengadilan menolak banding terakhir Najib dan menetapkan hukuman 12 tahun penjara.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 KUALA LUMPUR — Pendukung mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengajukan petisi kepada Raja Al-Sultan Abdullah untuk meminta pengampunan. Petisi ini diajukan setelah Najib dipenjara terkait dengan skandal penyelewengan dana investasi negara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Sekitar 200 loyalis Najib berkumpul di luar istana nasional pada Rabu (24/8/2022) sore untuk menyerahkan permintaan pengampunan terhadap mantan perdana menteri tersebut. Najib memimpin Malaysia selama sembilan tahun hingga 2018. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Saya ingin meminta pengampunan penuh untuk segera diberikan kepada orang  yang telah melayani dengan terhormat. Pelayanan dan kontribusinya telah dicabik-cabik dengan cara yang memalukan,” anggota Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), Syed Mohammad Imran Syed Abdul Aziz, yang mengorganisir protes tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


Pada Selasa (23/8/2022), pengadilan tinggi negara Malaysia menolak banding terakhir Najib dan menetapkan hukuman penjara 12 tahun. Pengadilan menyatakan Najib bersalah karena secara ilegal menerima sekitar 10 juta dolar AS dari 1Malaysia Development Berhad (1MDB).  Dia ditahan di Penjara Kajang. Kompleks penjara tersebut  menampung hingga 5.000 tahanan dengan berbagai kasus kriminal, termasuk pembunuhan dan pengedar narkoba.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
AS Hancurkan Drone dan Rudal yang Ditembakkan dari Iran dan Yaman ke Israel


Najib dapat mengajukan grasi, yang dapat diberikan oleh raja Malaysia. Para pembuat petisi pada Rabu juga meminta Perdana Menteri Ismail untuk menekan kasus pengampunan kerajaan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Sebagai putra bangsawan Melayu, Najib diyakini dekat dengan beberapa sultan sebagai penguasa tradisional Malaysia. Najib juga berasal dari Pahang, negara bagian yang sama dengan raja saat ini.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Najib akan kembali menjalani persidangan pada Kamis (25/8/2022) untuk menghadapi dakwaan lain terkait 1MDB, dalam skandal yang melibatkan lembaga keuangan dan pejabat tinggi di seluruh dunia. Najib mampu menekan penyelidikan lokal terhadap korupsi di 1MDB sampai kekalahannya dalam pemilihan umum pada 2018, ketika para pemilih menunjukkan kemarahan mereka atas penyelewengan dana 1MDB. UMNO yang merupakan partai Najib telah memimpin setiap pemerintahan koalisi multi-etnis selama lebih dari enam dekade sejak kemerdekaan dari penjajahan Inggris.

Berita Lainnya:
Protes Pendudukan Palestina, Irlandia Divestasi Enam Perusahaan Israel


Partai UMNO kembali berkuasa tahun lalu di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob. Tetapi mereka terbelah oleh faksi-faksi yang bersaing, dan tidak ada indikasi bahwa Najib dapat mengandalkan bantuan politik apa pun.


Wakil jaksa penuntut umum, Mohd Mustafa P Kunyalam, mengatakan, Najib akan kembali menjalani persidangan pada Kamis untuk menghadapi persidangan kedua atas skandal 1MDB.


Sidang tersebut merupakan bagian dari kasus terbesar yang dihadapi Najib terkait korupsi 1MDB.  Dia didakwa dengan 21 tuduhan pencucian uang dan empat tuduhan penyalahgunaan kekuasaan karena diduga menerima transfer ilegal setidaknya 2,3 miliar ringgit atau 512,93 juta dolar AS antara 2011 dan 2014.


Najib juga menghadapi tiga kasus lain, dan semuanya diancam hukuman penjara dan hukuman finansial yang berat. Dia mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan. Najib mengatakan, dia telah disesatkan oleh pejabat 1MDB.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi