Kamis, 02/05/2024 - 17:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PLN Tingkatkan Produktivitas Pertanian dengan Energi Listrik di Kalsel

ADVERTISEMENTS

Pemanfaatan energi listrik dengan sistem budi daya tanaman hidroponik.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

BANJARBARU — PT PLN (Persero) meningkatkan produktivitas pertanian di Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui pemanfaatan energi listrik dengan sistem budi daya tanaman hidroponik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kami memberikan bantuan berupa peralatan produksi berbasis listrik kepada kelompok tani di Kabupaten Banjar dan telah berhasil panen perdana tanaman selada,” kata Manajer PLN Unit Pelaksana Pengaturan Beban (UP2B) Kalimantan Turyanto di Banjarbaru, Kalsel, Senin.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dia menyebut program electrifying agriculture PLN itu untuk mendorong petani memanfaatkan teknologi guna meningkatkan produktivitas pertanian melalui energi listrik. Electrifying agriculture merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) PLN dengan memberikan bantuan berupa peralatan produksi berbasis listrik.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
PLN Catat Penambahan Pelanggan Sektor Bisnis dan Industri  

Adapun kelompok tani yang dibantu salah satunya Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tiga Bintang di Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar. Turyanto menyebut dengan pemakaian listrik dapat meningkatkan produktivitas pertanian hidroponik, sehingga diharapkan kualitas tanaman semakin meningkat dan waktu panen lebih cepat.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Selain meningkatkan taraf ekonomi bagi kelompok tani, secara tidak langsung berdampak juga pada kualitas kesehatan masyarakat sekitar karena dapat mengonsumsi sayuran murah dan bebas dari bahan kimia,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sementara itu, Ketua KSM Tiga Bintang Yusuf Ridho mengungkapkan terima kasih kepada PLN atas bimbingan dan kepercayaan yang diberikan. Pihaknya pun membagikan hasil panen perdana kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa syukur.

Berita Lainnya:
Dukung Kelancaran Mudik, Ini Testimoni Pengguna SPKLU PLN

Untuk proses penanaman, menurut dia, sayuran hidroponik diawali dengan penyemaian bibit selama lebih kurang tiga minggu. Kemudian, dipindah ke pipa paralon yang sudah dilubangi terlebih dulu dan dirawat selama 40 hari hingga berhasil panen.

“Kami mengajak masyarakat sekitar untuk belajar mengembangkan hidroponik serta pembiakan ikan menggunakan metode bioflok. Harapan ke depan dengan terlatihnya masyarakat sekitar, Sungai Sipai dapat menjadi pusat produksi tanaman hidroponik serta budi daya ikan untuk menggerakkan roda perekonomian,” ucapnya.


sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi