Rabu, 01/05/2024 - 04:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Penghilangan Tes Mata Pelajaran Dinilai Dapat Kurangi Beban Belajar Murid

ADVERTISEMENTS

Penyederhanaan soal UBTK membuat anak tak perlu sediakan waktu khusus belajar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Kebijakan transformasi seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang salah satunya menghilangkan tes mata pelajaran dalam seleksi nasional berdasarkan tes dinilai dapat mengurangi beban belajar murid. Lewat penyederhanaan soal ujian tes berbasis komputer (UTBK) ke model soal penalaran, anak menjadi tidak perlu menyediakan waktu maupun materi khusus saat belajar menghadapi ujian tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Kebijakan ini mengurangi beban belajar anak kami yang harus menyelesaikan 15 mata pelajaran di sekolah, lalu mempersiapkan UTBK yang fokus kepada rumus, hapalan, serta harus mempelajari tips jitu mengenali karakteristik soal,” ujar orang tua dari siswa SMA I Yogyakarta, Astuti Andriyani, dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-22, Rabu (7/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Disdik DKI Jakarta Bakal Cabut KJP Pelajar yang Terlibat Tawuran
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Dia menambahkan, dengan penyederhanaan soal UTBK ke model soal penalaran, anak tidak perlu menyediakan waktu maupun materi khusus karena materinya sudah menjadi satu kesatuan dalam pembelajaran sehari-hari di kelas. Karena itu dia mengaku sepakat dengan pengutamaan soal-soal penalaran yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek.

ADVERTISEMENTS


“Saya setuju dengan pengutamaan soal-soal penalaran ini karena sangat bermanfaat untuk mempersiapkan kompetensi anak-anak dalam mengasah pola pikir yang kritis dan logis sesuai dengan kondisi di dunia kerja nanti,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
SIS Group of Schools Resmikan Sekolah Baru di Sedayu City


Sementara itu, siswa asal SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Judha Hoka Wishika, mengaku senang dengan arah transformasi seleksi ke PTN tersebut. Dengan kebijakan itu, dia mengaku dapat lebih fokus pada mata pelajaran yang menjadi minatnya. Dia menilai, kebijakan itu dapat mengembangkan potensi anak-anak Indonesia ke depan.


“Ini yang saya inginkan di mana saya bisa fokus pada mata pelajaran yang jadi minat saya. Saya berterima kasih karena dengan peluncuran program ini akan banyak potensi anak-anak Indonesia yang semakin berkembang guna mencetak SDM unggul di masa depan,” kata dia.


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi