Jumat, 26/04/2024 - 09:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Akibat Banjir Berkepanjangan, Kasus Demam Berdarah Melonjak di Pakistan

ADVERTISEMENTS

Krisis kesehatan ancam Pakistan setelah banjir besar sejak Juni melanda negara itu

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 ISLAMABAD – Krisis kesehatan mengancam Pakistan setelah banjir besar sejak Juni melanda negara tersebut di sebagian besar provinsinya. Para ahli kesehatan melaporkan lonjakan demam berdarah, malaria, hingga infeksi lambung akut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Banyak pengungsi yang tinggal di dekat genangan air. Demam berdarah dilaporkan telah merenggut nyawa dan kasusnya meningkat dari hari ke hari.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Sekitar 3.830 kasus demam berdarah telah dilaporkan oleh pejabat kesehatan di provinsi Sindh selatan. Setidaknya tercatat sembilan kematian akibat kasus demam berdarah, meski angka tersebut masih belum terdata mendetail.

ADVERTISEMENTS


“Secara keseluruhan situasi di Sindh sangat buruk, kami mengorganisir kamp medis di seluruh provinsi. Sebagian besar kasus yang kami lihat sekarang adalah pasien demam berdarah diikuti oleh malaria,” ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi Medis Pakistan Abdul Ghafoor Shoro seperti dilansir laman BBC International, Kamis (15/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Indonesia Dorong Inovasi Digital di Asia-Pasifik


“Beban DBD sama di seluruh provinsi dan meningkat setiap hari. Saat kami periksa ke laboratorium, kasus suspek sekitar 80 persen dari tes yang dilakukan,” ujarnya menambahkan.


Dokter Shoro merawat sejumlah pasien DBD di rumah sakit Agha Khan, Karachi. Ia khawatir situasi ini akan segera memburuk dalam beberapa pekan mendatang. Sudah lebih dari dua bulan sejak banjir mulai menggenangi banyak wilayah di Pakistan. Namun ribuan desa masih terendam sehingga membuat banyak keluarga mengungsi.

Berita Lainnya:
Menantikan Hadirnya Internet Starlink di Rafah


Karena jalan di banyak komunitas terpencil yang masih tidak dapat digunakan karena kerusakan air, beberapa komunitas terpaksa mengandalkan mobil van untuk perawatan kesehatan mereka, tetapi jumlahnya sedikit dan jarang. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan keprihatinan tentang situasi selama kunjungannya ke daerah banjir pekan lalu. Ia sempat bertemu keluarga yang sekarang tidak memiliki apa-apa.


Dia mendesak tanggung jawab dunia untuk membantu Pakistan. Guterres mendesak negara-negara kaya untuk membantu negara-negara miskin seperti Pakistan untuk pulih dari bencana. “Kami membutuhkan dunia di mana perdamaian dan keamanan hanya dapat dijamin jika Anda mengurangi ketidaksetaraan,” katanya.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi