Sabtu, 04/05/2024 - 04:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Universitas Syiah Kuala Orientasi Mahasiswa Asing

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (USK) melaksanakan orientasi kampus kepada sejumlah mahasiswa asing. Orientasi ini berlangsung di Ruang Adnan Ganto Multimedia, yang diikuti sejumlah mahasiswa dari Asia Tenggara, Australia maupun Afrika di Banda Aceh, Selasa (20/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Ketua Office of International Affairs (OIA) USK, Dr. Muzailin Affan, mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa asing di kampus Jantong Ate Rakyat Aceh. Ia berharap, selama di Aceh, mahasiswa asing bukan saja serius dalam studi, namun memanfaatkan waktu dengan membangun jejaring dengan orang Aceh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Orientasi ini bertujuan mengenalkan kampus USK kepada mahasiswa asing kami. Selamat belajar, semoga bisa menambah jejaring di Aceh. Pada kesempatan ini, USK juga membekali pengetahuan keimigrasian kepada mereka,” kata Ketua OIA, Muzailin.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pj Gubernur Harap Masyarakat Aceh di Sumut Ikut Dukung Pelaksanaan PON
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, Telmaizul di momen tersebut memberikan materi tentang keimigrasian. Ia menyampaikan, mahasiswa asing yang ingin belajar di Indonesia harus mengurus Visa C316, yang merupakan visa bagi pelajar asing.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Pengurusan visa tidak harus ke Jakarta, tetapi cukup melalui Aplikasi Visa Online, yang dapat diakses pada laman visa-online.imigrasi.go.id,” ungkap Telmaizul.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lebih lanjut, ia menerangkan, sebelum mengurus Visa, mereka harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi belajar dari kementerian, atau lembaga yang membawahi bidang pendidikan. Rekomendasi tersebut diurus oleh penjamin, dalam hal ini yakni USK.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sementara itu, Wakil Rektor IV USK, Dr. Taufiq Saidi, memberikan apresiasi kepada mahasiswa asing, atas dipilihnya USK sebagai destinasi studi. Ia berharap, mereka bisa beradaptasi dengan baik.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
WALHI Aceh Laksanakan Diskusi Bersama Peringati Hari Bumi

“Saya percaya mungkin dari mahasiswa asing kami, sedang merasakan kerinduan ke negara asalnya. Perasaan tersebut manusiawi. Selamat datang di USK, lekas berbaur dengan keadaan,” ujar Taufiq.

WR IV menginformasikan, USK memiliki banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa menjadi wadah ekspresi mahasiswa asing. UKM tersebut silahkan dipilih sesuai dengan minat dan bakat.

“Yang paling penting, selain serius menyelesaikan studi adalah belajar kultur ke-Aceh-an dengan kekayaan khazanahnya. Silahkan mencicipi kuliner khas, seperti minum kopi Aceh dan banyak lagi,” katanya.

Untuk diketahui, hingga kini tercatat USK memiliki 80 mahasiswa asing dari lintas benua, yang tersebar di hampir semua fakultas. USK yang sedang serius mempersiapkan diri sebagai world class university, sangat inklusif kepada diaspora pelajar internasional.[]

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi