Sabtu, 27/04/2024 - 06:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

25 Anak di Jakarta Diduga Meninggal Karena Gagal Ginjal Akut Misterius

ADVERTISEMENTS

Hingga kini, belum diketahui penyebab gangguan ginjal akut misterius tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Sebanyak 25 anak dan balita di Jakarta meninggal dengan dugaan gagal ginjal akut. Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Yudi Dimyati membenarkan data tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“DKI sudah mulai ditemukan, 20-an meninggal rilis data dari Dinas Kesehatan,” ujar Yudi saat ditemui di Jakarta, Sabtu (15/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Ia pun mengimbau agar fasilitas dan pelayanan kesehatan untuk siap siaga apabila ada rujukan pasien dengan gejala gangguan ginjal akut misterius. “Kepada seluruh RS di Jakarta Selatan, untuk siap siaga apabila ada rujukan dari Puskesmas ataupun dari pasien-pasien yang datang mengeluhakan gejala gagal ginjal,” ujarnya

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
KPU: Permohonan PHPU ke MK tak Sebanyak Pemilu 2019


Yudi juga meminta para orang tua tidak panik saat menghadapi situasi di mana tengah terjadi peningkatan kasus gangguan ginjal akut ini. Orang tua diharapkan siap siaga saat menemukan gejala gangguan ginjal akut pada anak.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Biasanya pada anak ada bengkak di bagian kaki, ada sesak juga. Waspadai jika ada gejala kesulitan dalam buang air kecil (BAK). Jangan sampai terlambat,” tegasnya.


Berdasarkan data Dinkes DKI pada Jumat (14/10/2022), dari 42 kasus, sebanyak 25 orang meninggal dunia dan 10 orang dinyatakan sembuh. Sisanya sebanyak 7 orang masih menjalani rawat inap. 


Dari 42 kasus, tercatat sebanyak 37 balita terkena gangguan ginjal akut misterius. Adapun sisanya 5 anak yang terkena berada di rentang usia 5-18 tahun.

Berita Lainnya:
Ditanya Tuntutan Aksi, Massa Tandingan: Enggak Tahu


Kementerian Kesehatan RI melaporkan kasus gangguan ginjal akut misterius pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) total ada 152 pasien anak dengan gangguan ginjal akut misterius hingga Jumat (14/10/2022).


Hingga kini, belum diketahui penyebab gangguan ginjal akut misterius tersebut. Beberapa dugaan yang muncul terkait kemungkinan keracunan obat, hingga infeksi MIS-C atau peradangan multisistem pada anak. 


Plt Direktur Pelayanan Kesehatan Primer dr Yanti Herman menyebut pemerintah melakukan komunikasi dengan WHO terkait investigasi yang dilakukan. “Koordinasi dengan WHO untuk melihat bersama-sama kasus acute kidney injury (AKI) di indonesia, kami sedang melaporkan ke WHO terkait dengan hal ini,” ujarnya dalam Konferensi Pers secara daring, Jumat. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi