Kamis, 02/05/2024 - 02:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Tindaklanjuti Arahan Erick, 8 BUMN Teken Komitmen NZE

ADVERTISEMENTS

Erick menilai BUMN perlu memiliki alur yang tepat menuju NZE pada 2060

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertekad menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara produsen energi hijau. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan BUMN berkomitmen mendukung upaya pemerintah mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060 dan transisi energi berkelanjutan melalui penetapan target bauran energi dari Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Menurut Erick, BUMN perlu memaksimalkan peluang dan memiliki alur yang tepat menuju NZE pada 2060 sehingga bisa memanfaatkan energi ramah lingkungan dengan persentase mencapai 100 persen ke depan.”Kami berharap para BUMN dapat menjalani prinsip ekonomi hijau dalam bertransformasi dan menjadi contoh baik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Erick pada Selasa (18/10).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kemendag Ungkap Durian Indonesia Diminati oleh China
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Atas arahan Erick, holding BUMN jasa survei atau ID Survey yang terdiri atas Biro Klasifikasi Indonesia, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia, melakukan penandatangan Letter of Intent Pelaksanaan Pilot Voluntary Carbon Market (VCM) dengan tujuh BUMN di sela-sela acara SEO International Conference di Nusa Dua, Bali, Selasa (18/10).

ADVERTISEMENTS


Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury yang menyaksikan penandatanganan antara ID Survey dengan PT Indonesia Asahan Aluminium, Perum Perhutani, PLN, PTPN, Pertamina, Pupuk Indonesia, dan Semen Indonesia, itu menilai sinergi ini akan mendukung usaha pemerintah mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) guna mencapai target Net Zero Emission (NZE) 2060.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pahala menyebut penandatanganan komitmen tersebut tak sekadar meningkatkan kemampuan masing-masing BUMN, melainkan juga mendorong BUMN membentuk suatu ekosistem yang bertujuan menghasilkan prinsip ekonomi hijau. 

Berita Lainnya:
Jasa Marga Imbau Pemudik Hindari Waktu Puncak Arus Balik Lebaran 2024


“Saat ini, walaupun Indonesia belum bisa mengembangkan beberapa teknologi terkait dekarbonisasi karena pengetahuan dan kemampuan yang terbatas, maka perlu juga berkolaborasi dengan negara lain yang sudah lebih mampu,” ujar Pahala.


Pahala menilai kerja sama ini menjadi komitmen untuk berkontribusi dengan melakukan inisiatif dekarbonisasi di tujuh BUMN tersebut serta akan melaksanakan pilot project carbon trading khusus antarBUMN. Hal ini, lanjut Pahala, akan bersinergi dan mengikuti panduan dan aturan dari kementerian dan lembaga terkait dalam pelaksanaannya.


“Capaian target lemerintah sebagai negara energi hijau nanti yang dibantu berbagai pihak, khususnya BUMN, akan bisa menjawab tantangan bagi Indonesia sebagai bagian dari negara G20 dengan melakukan transformasi dari energi kotor menjadi energi bersih dengan memanfaatkan efisiensi energi terbarukan,” kata Pahala menambahkan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi