Senin, 06/05/2024 - 04:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Ambruknya Kubah Masjid Jakarta Islamic Centre: Pesan Tersembunyi Untuk Mawas Diri

ADVERTISEMENTS

Pesan tersembunyi untuk mawas diri dari ambruknya kubah masjid Jakarta Islamic center

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Penulis:Agus Suradika, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Dalam banyak peristiwa bencana alam sering terjadi  bangunan masjid, sarana ibadah, atau tempat kebaikan lainnya tetap berdiri kokoh dan terhindar  dari terpaan dahsyat bencana yang memporakporandakan bangunan lainnya. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Beberapa masjid di Indonesia  yang selamat dan tetap berdiri kokoh saat terjadi bencana alam di antaranya Masjid Baiturrahman di Banda Aceh dan Masjid Al-Ikhlas di Lhoknga saat terjadi gempa bumi dan Tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004.  Masjid Al Barkah, Ciputat, Tangerang Selatan  yang tetap berdiri kokoh meski diterjang air bah dan lumpur akibat jebolnya bendungan Situ Gintung, Tangerang Selatan, Banten  pada 27 Maret 2009.  Masjid Al-Mujahidin, Yogyakarta yang selamat dan tetap berdiri kokoh saat terjadi bencana meletusnya Gunung Merapi Pada Oktober 2010.   

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


Di luar Indonesia, ada Masjid Kobe di Jepang yang selamat dan tetap berdiri kokoh kendati bom atom Amerika di Hirosima dan Nagasaki dalam perang dunia tahun 1945 memporak porandakan bangunan lainnya.  Masjid At Tauhit Di Haiti yang tetap berdiri kokoh selamat dari terpaan gempa yang sangat dahsyat pada tahun 2010.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Dalam keyakinan keimanan seorang Muslim tidak diragukan bahwa selamatnya masjid dari terpaan bencana alam yang terjadi di berbabagi belahan dunia tersebut tidak lain karena kehendak Allah swt. Secara rasional, seharusnya bangunan masjid akan porak poranda diterpa bencana, namun pada kenyataannya masjid tersebut tetap berdiri kokoh. Inilah yang disebut sebagai mukjizat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Rabu, 19 Oktober 2022 sekitar pukul 15.30 warga Jakarta dikejutkan oleh berita terbakar dan ambruknya kubah  masjid Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara.  Masjid yang dibangun pada tahun 2001 di atas tanah bekas lokalisasi prostitusi itu menjadi kebanggaan warga Jakarta dan tempat pengkajian berbagai kemajuan peradaban Islam. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Secara rasional, ambruknya kubah megah masjid tersebut dapat dijelaskan penyebabnya. Laporan awal pihak kepolisian menyebutkan bahwa kebakaran terjadi akibat percikan api saat pekerjaan renovasi kubah masjid tersebut. Dari laporan ini tampak jelas bahwa  musibah ini terjadi karena kelalaian manusia. 


Apa hikmah di balik musibah menyedihkan ini?, mengapa dalam peristiwa ini mukjizat Allah tidak hadir menyelamatkan kubah masjid kebanggaan warga Jakarta tersebut? Tidakkah jika Allah berkehendak memadamkan api itu dalam sekejap api akan padam sebagaimana Allah pernah  menyelamatkan Nabi Ibrahim dari kekejaman raja Namrudz yang membakarnya? 


Dalam keyakinan keimanan hamba yang dhoif ini, ketidakhadiran mukjizat dan pertolongan Allah swt pada  peristiwa terbakarnya kubah masjid ini mungkin merupakan pesan tersembunyi dari yang maha kuasa agar kita semua  ummat Islam di Jakarta mawas diri. Jangan terbelah karena adanya perbedaan pandangan politik. Jangan ada satu fihak yang merasa lebih hebat dan karenanya lebih berhak atas lainnya. Mungkin  juga ada  pesan tersembunyi kepada  para pemimpinnya agar warga Jakarta jangan dibiarkan terbelah apalagi dibelah karena perbedaan pilihan politik. Politik saling meniadakan harus dihindari. Jangan ada yang merasa kesuksesan Jakarta adalah karena karya tunggal periode kepemimpinannya dan menunjuk hidung pihak lain ketika  kegagalan terjadi. Keberhasilan Jakarta adalah keberhasilan semua pemimpinnya yang saling sambung menyambung dalam tali temali pemerintahan yang berkesinambungan pada periode yang berbeda. Terakhir,  mungkin juga Allah swt sedang menasehati kita semua agar mengutamakan keikhlasan di dalam merawat tempat kita bersujud kepadaNya. 


Wallahu ‘alam bi al shawab


Cibulan, 20 Oktober 2022


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi