Minggu, 16/06/2024 - 16:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

6 Pemicu Lonjakan Gula Darah Penderita Diabetes

Lonjakan gula darah bisa menyebabkan berbagai penyakit.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA – Diabetes adalah penyakit yang sangat rumit dan membingungkan karena bisa mengakibatkan lonjakan kadar gula dalam darah. Lonjakan tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan bahkan masalah ginjal dan penglihatan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Meskipun belum ada obat untuk diabetes, terutama tipe 2, namun kondisi ini bisa dikelola dengan baik. Namun, jika kadar gula darah berfluktuasi terlalu sering, Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Dilansir dari Times Now News, Ahad (6/11/2022), berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Paparan sinar matahari yang ekstrem

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Penderita diabetes yang terus-menerus terpapar sinar matahari dan sinar ultraviolet yang berbahaya, itu dapat menyebabkan dehidrasi ekstrim. Dokter mengatakan bahwa sengatan matahari dapat meningkatkan kadar gula darah, karena berkeringat menyebabkan ginjal menahan air, sementara hati terus mengeluarkan glukosa dan menurunkan sensitivitas insulin.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Wardah dan Perdoski Kolaborasi Gelar Wardah SKINVERSE 27 Mei Hingga 2 Juni

Pemanis buatan

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Penderita diabetes biasanya dianjurkan untuk berhenti mengonsumsi gula atau beralih ke pemanis buatan yang diiklankan sebagai pilihan terbaik. Namun, pemanis buatan adalah faktor yang berkontribusi dalam meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan ketidakseimbangan kronis dalam jangka panjang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Dehidrasi

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Orang yang tidak minum cukup air selalu mengalami dehidrasi. Mereka yang menderita diabetes akan melihat lonjakan yang luar biasa dalam gula darah karena dehidrasi menyebabkan gula darah menjadi lebih terkonsentrasi saat tubuh menahan air.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Semprotan hidung

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, semprotan hidung memiliki bahan kimia berbahaya tertentu yang memicu hati untuk membuat lebih banyak gula darah, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
Pakar Sarankan One Health untuk Respons Kematian Manusia Akibat Flu Burung

Tidak sarapan

Menurut Endocrineweb.com, melewatkan sarapan dapat menyebabkan kerusakan besar pada fungsi sel beta. “Dalam penelitian kami ditemukan bahwa penderita diabetes tipe 2, yang sering lupa sarapan dikaitkan dengan peningkatan yang signifikan dalam lonjakan gula darah sepanjang hari,” kata Daniela Jakubowicz, seorang profesor di unit diabetes Tel Aviv University.

Kurang tidur

Tidur dikaitkan dengan sebagian besar fungsi tubuh, dan mereka yang memiliki pola tidur tidak teratur bisa menderita banyak penyakit, termasuk diabetes. Bahkan satu malam kurang tidur dapat membahayakan produksi dan penggunaan insulin. Kurang tidur menyebabkan kadar leptin (hormon membantu merasa kenyang) turun, sementara kadar ghrelin (hormon rasa lapar) meningkat.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ لَهُ صَاحِبُهُ وَهُوَ يُحَاوِرُهُ أَكَفَرْتَ بِالَّذِي خَلَقَكَ مِن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ سَوَّاكَ رَجُلًا الكهف [37] Listen
His companion said to him while he was conversing with him, "Have you disbelieved in He who created you from dust and then from a sperm-drop and then proportioned you [as] a man? Al-Kahf ( The Cave ) [37] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi