Jumat, 24/05/2024 - 13:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Platform Satu Data Vaksinasi Covid-19 Telkom Mendapat Pengakuan AIBP 

204 juta (87 persen) orang di Indonesia yang telah satu kali tervaksinasi Covid-19.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Platform Satu Data Vaksinasi Covid-19 milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendapat pengakuan hingga tingkat ASEAN. Pltform ini telah berhasil membawa ekosistem digital yang bermanfaat bagi sosial dan perekonomian secara luas. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan


Pengakuan tersebut dinobatkan lewat penghargaan The Enterprise Innovation Awards yang diberikan oleh ASEAN Innovation Business Platform (AIBP), yang diselenggarakan di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (1/11).


Joddy Hernady Head of Digital Ecosystem Health Telkom, memaparkan, hingga saat ini, sudah sekitar 204 juta orang di Indonesia yang telah tervaksinasi atau sekitar 87 persen penduduk Indonesia sedikitnya satu kali vaksinasi. Sedangkan jumlah yang sudah mendapatkan vaksinasi kedua sekitar 171 juta orang dan vaksinasi ketiga atau booster mendekati 65 juta orang. 


Tak hanya itu, platform di bawah payung Leap-Telkom Digital ini juga mengatur tujuh merek vaksin berbeda yang digunakan di Indonesia sehingga setiap orang bisa mendapatkan vaksin yang sesuai.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


“Platform Satu Data Vaksinasi Covid-19 dilengkapi juga dengan kapabilitas menghindari terjadinya fraud penggunaan data identitas pribadi oleh orang lain dalam mendapatkan vaksinasi,” ujar dia dalam keterangannya yang diterima dikutp HARIANACEH.co.id, Ahad (6/11/2022). 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Novel Bamukmin Kritik Zita Anjani Pamer Produk Boikot Israel di Ka’bah: Melukai Hati Umat Islam


Dikatakannya, beberapa anggota masyarakat belum melakukan vaksinasi, namun di sistem tercatat telah melakukan vaksinasi atau sebaliknya. Hal ini, karena orang tersebut menggunakan data identitas orang lain sehingga pemilik identitas sebenarnya menjadi tidak bisa melakukan vaksinasi karena sudah tercatat telah melaksanakan vaksinasi.


Menurut Joddy, faktor keamanan data merupakan salah satu hal penting yang harus dibangun dalam platform ini agar mampu melindungi setiap data yang ada. Ke depannya, Joddy melihat platform ini bisa digunakan oleh pemerintah untuk kepentingan lainnya, karena bisa ditambah dengan data-data kesehatan serta data kependudukan lainnya sehingga tidak perlu membangun dari awal lagi.

ADVERTISEMENTS


Efek sosial dan ekonomi yang dihasilkan oleh Satu Data Vaksinasi Covid-19 adalah mengakselerasi terciptanya herd immunity di Indonesia dalam satu tahun sesuai dengan target pemerintah. Terealisasinya herd immunity saat ini menyebabkan masyarakat sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan tatap mukanya lagi dan pada akhirnya membuat aktivitas perekonomian di tanah air kembali berjalan dan mulai bertumbuh dengan aman.

ADVERTISEMENTS


“Dengan penobatan award ini, membuat Telkom lebih dipercaya lagi oleh masyarakat dan pemerintah dan sebagai pembuktian bahwa Telkom sudah menjadi perusahaan digital dan siap membantu perusahaan atau pemerintah bertransformasi ke arah digital,” ucapnya. 

Berita Lainnya:
Siloam Gelar Simposium Kemajuan Bedah Kardiovaskular Hingga Teknik Operasi Minimal Invasif


Sedangkan bagi pegawai Telkom award ini memicu semangat dan meningkatkan kepercayaan diri juga bahwa kita mampu melakukan inovasi yang impactful. Inovasi digital tidak hanya datang dari start up, tetapi big company seperti Telkom juga bisa.


AIBP Enterprise Innovation Award ini, diberikan bersamaan dengan AIBP Conference & Exhibition yang merupakan konferensi dan pameran yang dirancang untuk pasar lokal. Sejak 2021, AIBP C&E telah diadakan setiap tahun di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.


Satu Data Vaksinasi Covid-19 merupakan bagian dari Leap-Telkom Digital sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https:leap.digitalbisa.id.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi