Rabu, 01/05/2024 - 01:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

BPS Catat Angka Pengangguran Agustus 2022 Naik 200 Ribu Orang

ADVERTISEMENTS

BPS menyebut angka pengangguran turun bila dibandingkan Agustus 2021

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, angka pengangguran pada Agustus 2022 meningkat menjadi 8,42 juta orang dibandingkan pada periode Februari 2022 yang sebanyak 8,40 juta. Hanya saja, jika dibandingkan secara tahunan atau year on year (yoy), angka pengangguran menurun dari periode Agustus 2021 yang sebanyak 9,10 juta orang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Kepala BPS Margo Yuwono menyebutkan, penduduk usia kerja saat ini berjumlah 209,4 juta orang. Angka itu naik 2,71 juta orang. Dari jumlah tersebut, yang terserap menjadi angkatan kerja sebanyak 143,72 juta orang atau naik 3,57 juta orang. Lalu yang bukan angkatan kerja sebanyak 65,70 juta orang atau turun 0,86 juta orang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Senang Wewangian? Ini Tips Memulai Bisnis Parfum Sendiri
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Tambahan angkatan kerja tidak semua terserap di semua tenaga kerja. Sebagian menjadi pengangguran,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (7/11).

ADVERTISEMENTS


Ia menilai, alasan utama meningkatnya angka pengangguran pada tahun ini karena tidak semua angkatan kerja bisa diserap oleh perusahaan. Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 4,25 juta orang.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dirinya menuturkan, saat ini, penduduk yang bekerja sebanyak 135,30 juta orang, naik sebanyak 4,25 juta orang dari Agustus 2021. Lapangan kerja yang mengalami peningkatan terbesar yaitu sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, sebanyak 1,57 juta orang. 

Berita Lainnya:
BPS: Andil Inflasi Perawatan Pribadi Lebih Dominan dari Transportasi


Hanya sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah, dan daur ulang yang mengalami penurunan, yaitu sebesar 0,05 juta orang. Sementara, terdapat 4,15 juta orang atau 1,98 persen penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19.


Itu terdiri dari pengangguran karena Covid-19 sebanyak 0,24 juta orang, Bukan Angkatan Kerja (BAK) karena Covid-19 sebanyak 0,32 juta orang. Sedangkan yang tidak bekerja karena Covid-19 sebanyak 0,11 juta orang dan penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja karena Covid-19 sebanyak 3,48 juta orang.


“Kondisi ketenagakerjaan Indonesia semakin membaik seiring menguatnya perekonomian. Hanya daja Dampak Covid-19 terhadap ketenagakerjaan belum sepenuhnya pulih dari sebelum pandemi,” tegas Margo.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi