Jumat, 26/04/2024 - 15:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Menunaikan Amanat Menyejahterakan Umat

ADVERTISEMENTS

“Semoga Program ISDP 2022 bisa sejalan dengan program BSI dan pemerintah mendukung tumbuh kembang UMKM,” kata Sukoriyanto.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sesuai visi ISDP 2022, BSI Maslahat bersama dengan BSI berupaya membentuk serta mendukung berkembangnya wirausaha sosial yang berwawasan Islam di Indonesia. Dalam program ini, BSI Maslahat mencari, mendidik, dan membina bukan hanya entrepreneur yang menargetkan keuntungan bisnis semata, tetapi juga berwawasan dan berketerampilan, serta memberi dampak kepada masyarakat serta lingkungan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BSI dan BSI Maslahat juga ikut dalam pengembangan wakaf melalui Bank Wakaf Mikro (BWM). Pada Maret 2022 lalu, BSI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan BWM pertama di DKI Jakarta di Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan (PKP).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Terbang ke Qatar, Erick Mau Ketemu Investor BSI?

Gerakan ekonomi umat di level akar rumput itu sudah OJK gulirkan sejak 2017 lalu. Hingga November 2022, ada 62 unit BWM di seluruh Indonesia dengan penyaluran pembiayaan kumulatif Rp 105,2 miliar.

ADVERTISEMENTS

BWM membuka akses pembiayaa mikro mulai dari Rp 1 juta. Sistem yang digunakan adalah tanggung renteng dimana nasabah harus bergabung dalam kelompok usaha masyarakat sekitar pesantren Indonesia (Kumpi).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Direktur Utama BSI Hery Gunardi berharap BWM di pesantren mampu memberi dampak ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat sekitarnya. “BSI berkomitmen untuk bersama UMKM agar mereka bisa naik kelas dan meningkatkan usahanya,” kata Hery.

Berita Lainnya:
BSI Salurkan 12 Ton Beras ke Ponpes Binaan Yayasan Amanah Muda Indonesia

Presiden Joko Widodo ikut bersyukur dengan hadirnya BWM. Dengan menjangkau segmen pengusaha dhuafa di level ultramikro, BWM ikut menolong pelaku usaha ultramikro dari godaan rentenir. Apalagi, pembiayaan BWM tak mensyaratkan adanya jaminan.

“Jangan sampai pinjamnya ke rentenir, hati-hati. Sekarang sudah ada bank wakaf mikro supaya usaha yang kecil-kecil gampang cari modal,” ujar Jokowi di berbagai kesempatan bertemu nasabah BWM.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi