Jumat, 26/04/2024 - 07:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Penerapan Algoritma Naive Bayes dalam Memprediksi Penyakit Lambung

ADVERTISEMENTS

Algoritma Naïve Bayes dapat diterapkan untuk memprediksi penyakit lambung

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Penulis:Jefi

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dosen Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas BSI

ADVERTISEMENTS


Setiap manusia punya kemungkinan untuk terkena penyakit. Penyakit lambung menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia. Kerap kali, penyakit ini juga dianggap sepele bagi penderitanya. Namun jika terus dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan kematian. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Penyakit pada lambung biasanya disebabkan pola makan yang kurang baik. Untuk mengetahui jenis penyakit lambung apa yang sedang diderita, pasien harus memeriksakan diri ke rumah sakit atau ke klinik. Namun keterbatasan waktu membuat tak semua pasien dapat memeriksakan diri ke rumah sakit atau ke klinik.

Berita Lainnya:
Ini Prospek Kerja Kreatif untuk Lulusan Hukum Bisnis


Karena itulah diperlukan sebuah metode dan tools yang mampu memprediksi penyakit pada lambung dengan mempertimbangkan gejala yang diderita oleh pasien, sehingga akan mempermudah proses dalam memprediksi penyakit pada lambung. Algoritma Naïve Bayes merupakan salah satu algoritma yang menerapkan metode klasifikasi data mining yang dapat diterapkan untuk memprediksi penyakit lambung.


Lewat penelitian ini, penyakit lambung yang diteliti terbagi menjadi tiga jenis yakni Dispepsia, GERD, dan Gastritis. Penelitian ini juga menghitung probabilitas dengan menerapkan beberapa variabel seperti mual, nyeri ulu hati, kembung, muntah, nyeri dada, mudah kenyang, tinja warna hitam, sakit perut, batuk kering, perut kembung, muntah darah, dan radang mulut. 

Berita Lainnya:
Fungsi dan Manfaat Aplikasi Turnitin dalam Penelitian Dosen Juga Mahasiswa


Analisis dan perhitungan dengan menggunakan algoritma Naïve bayes memberikan tingkat akurasi kebenaran sebesar 75% dengan nilai area under the curve (AUC) sebesar 0,852. Hal ini menunjukkan bahwa model tersebut termasuk dalam kategori klasifikasi baik karena memiliki AUC antara 0.80-0.90. 


Algoritma Naive Bayes merupakan salah satu algoritma dari metode klasifikasi data mining yang dapat digunakan untuk memprediksi penyakit lambung, karena telah dibuktikan melalui penerapan pada tools rapidminer dengan memperoleh hasil akurasi yang baik.


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi