Minggu, 05/05/2024 - 11:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Universitas Pertamina Gandeng Swiss untuk Dirikan Kampus Vokasi di IKN

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Universitas Pertamina (Uper) menggandeng Eastern Switzerland University of Applied Sciences (OST) untuk mendirikan kampus vokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Uper akan berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) terampil dengan keunggulan komparatif di bidang sustainability new and renewable energy.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kampus vokasi di IKN akan berfokus pada pengembangan SDM berbasis learning outcome dan sejumlah program yang dapat meningkatkan kapasitas lulusan untuk memenuhi kebutuhan industri sekaligus menjawab isu keberlanjutan,” jelas Rektor Uper Wawan Gunawan A Kadir dalam siaran pers, Kamis (25/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Lewat kerja sama tersebut, kata Wawan, kampus vokasi Uper tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengetahuan terkait kebutuhan industri atau operator seputar migas, tetapi juga energi baru terbarukan dan isu-isu berkelanjutan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Di samping itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero) Erry Sugiharto mengatakan, pihaknya secara terbuka menyambut inisiatif kolaborasi yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon, meningkatkan efisiensi energi, berinvestasi pada sumber energi terbarukan, serta keterlibatan dan pengembangan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Cyber University Hadiri Rakormas Kehumasan LLDikti Wilayah III Jakarta 2024

“Salah satunya melalui kolaborasi dengan Swiss untuk pengembangan vokasi di IKN,” ujar Erry.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dilansir dari laman World Intellectual Property Organization, Swiss menduduki peringkat pertama pada Global Innovation Index selama 13 tahun berturut-turut yang dinilai berdasarkan empat hal, yakni science and innovation investment, technological progress, technology adoption, dan socioeconomic impact.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Keberhasilan tersebut salah satunya didukung oleh sistem Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan (VET) yang dimiliki Swiss. Kementerian Koordinator untuk Pendidikan, Riset, dan Inovasi Swisss menyebutkan, kesuksesan pendidikan vokasi Swiss tercipta berkat kerja sama multipihak, mulai dari institusi pendidikan, pemerintah, dan industri.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Keunggulan dari sistem vokasi (VET) kami adalah kedekatan dengan industri, kurikulum hingga sistem belajar mengajar link and match dengan industri dan langsung terlibat dalam rantai pasok proses produksi dan adanya permeability di mana mahasiswa bisa berganti topik minat dan profesi melalui mekanisme tertentu,” ujar Jacques Ducrest, perwakilan kementerian.

Berita Lainnya:
Menhub Sebut Bandara IKN Sesuai Rencana, Diuji Coba Juli Mendatang

Setiap keterampilan yang diperoleh para siswa, disertifikasi dan distandarisasi sehingga institusi pendidikan dan industri saling mendapatkan manfaat. Mahasiswa lebih mudah terserap oleh industri dan perusahaan mendapatkan tenaga kerja berkualitas serta sesuai kualifikasi.

“Kami siap untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan vokasi Uper di Ibu Kota Nusantara dan berharap ini awal untuk memulai kerja sama di bidang lainnya, terutama terkait sustainability,” tambahnya.

Kerja sama ditandai melalui penandatanganan MoU untuk dukungan pendirian kampus vokasi di IKN. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Chief of Staff & Deputy President OST Eastern Switzerland University of Applied Science Alex Simeon dan Rektor Uper di Rapperswil, St Gallen, Swiss (22/4/2024).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi