Senin, 06/05/2024 - 02:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

‘Pemajuan Wastra Beriringan dengan Pemberdayaan Perempuan’

ADVERTISEMENTS

Pengunjung memilih baju dan kain batik pada Pameran Batik Bordir dan Tenun Nusantara 2023 di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyebut bahwa upaya pemajuan wastra Indonesia perlu berjalan beriringan dengan peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Wastra Indonesia tidak hanya difungsikan sebagai busana semata, tapi juga menjadi simbol identitas dan jati diri perempuan Indonesia. “Kami mendukung pemajuan UMKM di Indonesia, meningkatkan sinergi guna mendorong capaian keberhasilan UMKM yang Iebih berdaya, go global, dan naik kelas melalui wastra,” kata Plt Sekretaris KemenPPPA Titi Eko Rahayu dalam keterangan di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dengan demikian, upaya ini dapat membantu menyelesaikan isu-isu diskriminasi gender dan kekerasan pada perempuan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
SMF Komitmen Perkuat Peran Pembiayaan Sektor Perumahan

Titi Eko Rahayu mengatakan Indonesia kaya akan wastra yang memiliki kekhasan dan nilai filosofi-nya masing-masing. Wastra merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang lekat dengan perempuan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut dia, wastra Indonesia juga menjadi simbol perjuangan untuk membangun kehidupan bangsa melalui pelestarian budaya. Selain membawa dampak positif dalam sosial budaya, gerakan berkain juga bisa menggerakkan perekonomian rakyat, seiring maraknya keberadaan para perajin dan pembuat wastra, serta munculnya pusat-pusat kerajinan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Dengan adanya Pameran Wastra Nusantara semoga dapat merealisasikan peran UMKM yang semakin signifikan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Juga peran UMKM dalam memperkuat rasa cinta budaya dan wastra pada generasi muda, sekaligus memperluas pasar wastra pada target kaum muda,” katanya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Mentan Ajak Jajaran Kerja Maksimal Wujudkan Swasembada Pangan

Titi Eko Rahayu menambahkan bahwa perjuangan Kartini belum selesai, dan momentum Hari Kartini serta kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kartini dapat menjadi pengingat bahwa perjuangan mewujudkan kesetaraan dan membumikan-nya harus dilanjutkan tanpa kenal lelah.

“Kita masih harus bersuara, mendorong, dan membuka ruang-ruang yang tertutup agar perempuan dapat memaksimalkan potensinya. Mari kita belajar dari para perempuan pendahulu kita, yang terkadang harus berhadapan dengan tantangan yang tidak ringan, untuk menaikkan derajat-nya melawan ketidakadilan. Sesungguhnya ada begitu banyak perempuan tangguh dan inspiratif yang mempelopori kemajuan di berbagai bidang dan berada di pelosok-pelosok,” katanya.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi