Sabtu, 25/05/2024 - 17:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Jadi Penyangga IKN, Penajam Siapkan Strategi Tingkatkan Produksi Pangan

Panen padi di salah satu lahan persawahan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 PENAJAM PASER UTARA — Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengatur langkah untuk peningkatan produksi pangan sebagai daerah mitra Ibu Kota Nusantara (IKN).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kami siapkan langkah tingkatkan hasil pertanian untuk penuhi kebutuhan pangan,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Andi Trasodiharto di Penajam, Ahad (5/5/2024).

Peningkatan produksi pertanian itu untuk mendukung ketahanan pangan nasional sekaligus memenuhi kebutuhan pangan ibu kota negara baru Indonesia, sebagai daerah mitra IKN. Ia mengatakan, langkah yang dijalankan antara lain, pemanfaatan lahan secara maksimal dengan melibatkan kelompok tani yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berita Lainnya:
Kecelakaan di Ciater, Kemenhub: Bus tak Punya Izin Angkutan

Kelompok tani itu ada kelompok tanaman pangan, tanaman hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan yang ada dalam kelembagaan Kementerian Pertanian, dan diberdayakan meningkatkan produksi pangan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Setiap tahun produksi beras di Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai lebih kurang 32 ribu ton, kebutuhan konsumsi beras masyarakat di daerah yang dikenal dengan julukan Benuo Taka itu sekitar 16 ribu ton per tahun.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Jadi setelah kebutuhan konsumsi beras masyarakat terpenuhi masih ada surplus beras sekitar 15 ribu ton per tahun, tapi ini akan terus ditingkatkan,” jelasnya.

Berita Lainnya:
Inflasi Pangan April Tetap Terjaga Meski Lebaran, Ini Faktornya

Percepatan peningkatan pangan lainnya juga terus ditingkatkan, jelas dia, dengan mendorong kelompok tani menggarap lahan menganggur menjadi lahan produktif. Peran penyuluh pertanian lebih diperkuat untuk pendampingan agar petani, pekebun peternak dan petambak di Kabupaten Penajam Paser Utara lebih berdaya guna dan percepatan peningkatan produksi pangan terwujud.

ADVERTISEMENTS

“Peran 67 orang penyuluh pertanian tersebar di balai penyuluh pertanian empat kecamatan terus dikuatkan dampingi 600 kelompok tani,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Langkah antisipasi menyangkut serangan penyakit atau hama tanaman dan gerakan pengendali kebutuhan pupuk, bibit dan solar juga dirancang agar tidak kesulitan untuk mempercepat peningkatan produksi pangan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi