Selasa, 30/04/2024 - 00:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

China Buka Pintu Dialog dengan Menteri Pertahanan AS

ADVERTISEMENTS

Pertemuan Menhan China dan AS akan menjadi pertukaran militer tingkat tinggi pertama

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

BEIJING – Pemerintah China mengatakan terbuka jika menteri pertahanannya, Wei Fenghe, melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Austin Lloyd di sela-sela ASEAN Defense Ministers’ Meeting-Plus yang diagendakan digelar di Kamboja pada 23 November mendatang. Fenghe dan Lloyd sebelumnya sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan menghadiri pertemuan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“China memiliki sikap proaktif dan terbuka untuk melakukan pertukaran dengan AS,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan China Tan Kefei dalam sebuah pernyataan, Ahad (20/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut Tan, saat ini kementerian pertahanan AS-China sedang melakukan koordinasi mengenai potensi pertemuan Wei Fenghe dan Lloyd Austin. Namun Tan tak mengungkap tentang topik-topik yang mungkin dibahas jika pertemuan itu terlaksana.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Misteri Banyaknya Pasukan Israel yang Angkat Kaki dari Gaza Selatan

Jika nantinya berlangsung, pertemuan Wei Fenghe dan Lloyd Austin akan menjadi pertukaran militer tingkat tinggi pertama China dengan AS sejak Agustus. Sebab dialog bilateral semacam itu telah terhenti akibat kunjungan Ketua House of Representatives AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Taiwan merupakan salah satu isu yang meruncingkan hubungan China dengan AS. Pada 2-3 Agustus lalu, Nancy Pelosi berkunjung ke Taipei. Dalam kunjungan itu, dia menegaskan dukungan Washington terhadap Taiwan. Lawatan Pelosi tersebut memicu kemarahan China.

Menanggapi kunjungan Pelosi, Beijing menggelar latihan militer besar-besaran di Selat Taiwan pada 4-7 Agustus lalu. Dalam latihan itu, China mengerahkan seluruh armadanya, yakni udara, darat, dan laut. Beijing bahkan menguji peluncuran rudal balistik. Latihan tersebut tak pelak memanaskan tensi di Selat Taiwan.

Berita Lainnya:
Rusia Sita Puluhan Kilo Bahan Peledak dari Ukraina

China diketahui mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Namun Taiwan berulang kali menyatakan bahwa ia adalah negara merdeka dengan nama Republik China. Taiwan selalu menyebut bahwa Beijing tidak pernah memerintahnya dan tak berhak berbicara atas namanya. Situasi itu membuat hubungan kedua belah pihak dibekap ketegangan dan berpeluang memicu konfrontasi.

AS, walaupun tak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan karena tunduk pada kebijakan “Satu China”, tetap mendukung Taipei dalam menghadapi ancaman Negeri Tirai Bambu. Hal itu yang akhirnya memanaskan hubungan Beijing dengan Washington.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi