IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Info BMKG, Gempa Magnitudi 4,2 Guncang Banten

Info BMKG, Gempa Magnitudi 4,2 Guncang Banten

BANDA ACEH -Gempa bumi magnitude 4,2 mengguncang Banten tadi (Sabtu, 26 November 2022) pukul 18.43 WIB. 

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto gempa bumi yang mengguncang Banten merupakan gempa tektonik. 

Berdasarkan analisa BMKG, episenter gempa yang mengguncang Banten tersebut terletak pada koordinat 6.86 LS dan 105.56 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km Barat daya Sumur-Banten pada kedalaman 9 km.     

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di Banten tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di wilayah setempat,” kata Hartanto dalam keterangan tertulisnya diterima PURWASUKA di Bandung, Sabtu,26 November 2022. 

Terkait dampak dari gempa tersebut, digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat. Gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Cibaliung, Cikotok, Panimbang, Sumur, Muarabinuangen, Labuan dengan Skala Intensitas III MMI. 

“Gempa dirasakan di Bayah dengan Skala Intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” ucap dia. 

“Hingga pukul 19:01 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” sambungnya. 

Meskipun demikian, masyarakat dihimbau agar tetap hati-hati dan tenang serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.**

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Info BMKG, Gempa Magnitudi 4,2 Guncang Banten
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!