Sumber: Data Survei SKM PLBN, 2022
Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan PLBN Tahun 2022, menghasilkan nilai SKM terhadap penyelenggaraan pelayanan publik sebesar 3,12 dari nilai maksimal 4,00.
Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan mutu pelayanan PLBN mendapatkan kategori B yaitu persepsi kinerja PLBN Baik,
dengan beberapa catatan dalam pelayanan di PLBN seperti pelintas berpandangan perlu adanya peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana. Antara lain akses internet. Karakteristik pelintas yang “ingin” cepat sampai tujuan, memerlukan ketepatan dan kecepatan waktu layanan. Kemudian dengan adanya perbedaan provider perangkat telekomunikasi (handphone) antar negara juga berdampak pada kebutuhan akses internet yang lebih cepat dan stabil.
Hasil SKM Layanan PLBN Tahun 2022 menjadi bahan evaluasi dalam peningkatan kualitas layanan. Diantaranya tentang penyajian informasi terkait layanan dan tarif yang lebih luas dan lengkap oleh petugas Customs Immigration & Quarantine atau biasa dikenal CIQ melalui informasi secara langsung atau pun media publikasi yang ada (banner, papan informasi, running text).
Hasil penilaian SKM yang tergambar diatas ini sangat selaras dengan kinerja Pengelolaan PLBN yang baik, 5 tahun BNPP 2020-2024, serta melengkapi hasil penilaian dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara atas pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraaan pelayanan publik di kementerian/lembaga/pemda tahun 2022 pada salah satu PLBN yang dikelola BNPP yaitu PLBN Entikong, dimana sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.1035/2022 tersebut, pelayanan PLBN memperoleh indeks 4,01, dan predikat Kategori A-.
Sumber: Republika