Minggu, 05/05/2024 - 06:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Geliat Pelayanan Publik di Pos Lintas Batas Negara yang Semakin Baik

ADVERTISEMENTS

PLBN mempunyai persepsi kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh PLBN.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA–Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan unit kerja di lingkungan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang secara fungsi memfasilitasi Jajaran Keimigrasian, Kepabeanan dan Kekarantinaan, memberikan pelayanan dan pengawasan terbaik kepada setiap pelintasan orang, barang dan kendaraan yang masuk dan keluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Disamping juga menjalankan peran sebagai pengelola kawasan yang perlu memastikan bahwa seluruh fasilitas yang ada, dapat digunakan secara optimal, dinikmati oleh seluruh pengunjung  serta menciptakan kondisi suasana kawasan betul-betul prima, mencerminkan perbatasan sebagai baranda dan halaman depan NKRI.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam upaya pemberian pelayanan yang terbaik kepada seluruh pengguna pelayanan di PLBN, BNPP menempatkan perhatian terhadap penerima manfaat di PLBN sebagai yang paling utama. Yaitu kepada seluruh warga negara baik WNI maupun WNA yang melintas di PLBN serta kepada seluruh masyarakat, yang mengunjungi PLBN sebagai destinasi wisata domestik di perbatasan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Untuk memperoleh  informasi sejauh mana para pemangku  kepentingan dalam hal ini adalah penerima manfaat layanan, PLBN mempunyai persepsi kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh PLBN. BNPP memandang perlu untuk melakukan kegiatan  survei kepuasan terhadap pelayanan di  PLBN.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Ada Nuansa Lain di Sidang Sengketa Pilpres, Dikabarkan Pemilu 2024 Meninggalkan PR

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Layanan PLBN merupakan kegiatan pengumpulan data dan informasi tentang tingkat kepuasan pengguna layanan. Unsur SKM mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

SKM Layanan PLBN Tahun 2022 dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2022 di 7 PLBN yaitu PLBN Aruk; PLBN Entikong; PLBN Badau; PLBN Motaain; PLBN Motamasin; PLBN Wini dan PLBN Sota dengan total responden adalah pelintas sejumlah 413 orang.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Metode pengumpulan data dilakukan dua tahap, yaitu pertama, dilakukan sendiri oleh responden sebagai penerima layanan melalui pengisian e-form; dan kedua, dilakukan oleh pencacah melalui wawancara online.  Tahap selanjutnya adalah kegiatan forum diskusi terbatas dalam rangka merekonfirmasi temuan-temuan berdasarkan hasil survei yang telah dilaksanakan kepada pelintas sebagai responden.

Diskusi dilakukan untuk mempertajam temuan, berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang difokuskan pada unsur-unsur yang dianggap kurang maksmial. Dengan demikian akan diketahui data valid—terkait hal apa yang perlu dilakukan peningkatan sesuai dengan prioritas.

: Aktifitas pengumpulan data di PLBN Aruk dan Sota, 2022

 

Analisis data menggunakan penghitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), yaitu jumlah nilai dari setiap unit pelayanan diperoleh dari jumlah nilai rata-rata setiap unsur pelayanan.

Berita Lainnya:
Prabowo-Gibran Tiba di KPU, Siap Ditetapkan KPU sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih

Berdasarkan jenis kelamin, diperoleh informasi bahwa 57,63 persen adalah responden laki-laki yaitu sejumlah 238 orang dan 42,37 persen perempuan sejumlah 175 orang.

Lebih lanjut dilakukan profiling jenjang pendidikan terakhir responden yang dipetakan ke dalam kelompok SD, SMP, SMA, Diploma/Sarjana 1, dan Magister.

Gambar 1 Jenjang Pendidikan Responden

 

Sumber: Data Survei SKM PLBN, 2022

Berdasarkan pekerjaan responden yang dipetakan kedalam kelompok-kelompok: Pramuniaga; Tenaga Konstruksi; Asisten Rumah Tangga; BUMN/BUMD/PNS/TNI; Pelajar/Mahasiswa; Pekerja Perkebunan; Pegawai Swasta; Wiraswasta/ Pedagang; dan Lainya.  Secara umum (37.77 persen) responden merupakan wiraswasta atau pedagang.

Lebih rinci dari profiling tersebut terpetakan pada grafik sebagai berikut:

Grafik 2. Pekerjaan Responden

 

Sumber: Data Survei SKM PLBN, 2022

 

Hasil penghitungan IKM, disajikan dalam tabel berikut ini.

 

Tabel 1. Unsur dan Nilai SKM

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.

No

Unsur SKM

Nilai Unsur

Konversi

1

Persyaratan

         3.24

80.99

2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

         3.20

80.08

3

Waktu Penyelesaian

         3.10

77.51

4

Biaya/Tarif

         2.90

72.46

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

         3.11

77.85

6

Kompetensi Pelaksana

         3.27

81.66

7

Perilaku Pelaksana

         3.29

82.32

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

         3.00

74.88

9

Sarana dan Prasarana

         2.94

73.41

 

Total

3.12

77.91

 

Nilai/Kategori

BAIK/ B

IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi