Senin, 06/05/2024 - 13:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Syariah STEI SEBI Gelar Kuliah Umum Komunikasi Bisnis

ADVERTISEMENTS

Kuliah Umum Komunikasi Bisnis (KULKOMBIS) membahas pentingnya kemasan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

DEPOK — Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI Prodi Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2021 menggelar serangkaian agenda Kuliah Umum Komunikasi Bisnis (KULKOMBIS) secara luring yang dihadiri oleh 90 mahasiswa/i. Kamis (22/12/2022). Kuliah Umum tersebut menghadirkan dua narasumber dari Dampu Design (perusahaan spesialisasi desain kemasan). Kedua narasumber tersebut, yakni Ade Y. Sapruddin (Senior Art Director) Dampu Design dan Ibu Desy Heriyani (Graphic Designer, Final Artwork) Dampu Design. Kuliah Umum bertemakan “Cerdas Mendesain Kemasan untuk Efektivitas Komunikasi Pemasaran”.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam pemaparannya, Ade menjelaskan kemasan memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi melindungi produk, fungsi sebagai wadah dan fungsi promosi. Kemasan yang baik adalah kemasan yang dapat melindungi sekaligus sebagai wadah produk. “Kemasan bisa sangat mengganggu promosi. Jika demikian maka lakukan inovasi pada kemasannya, dengan cara menjawab pertanyaan, bagaimana caranya biar tidak bosan, dan apa yang dibutuhkan konsumen. Cari solusinya. Realisasi dari solusi adalah inovasi. Inovasi itu ada batasannya, inovasi itu harus mudah, jangan dibuat sulit” jelas Ade. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Ingin Sukses Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber Universty
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia menambahkan, inovasi kunci utamanya yaitu fungsi harus diutamakan. Ketika produk sudah betul, keren dan inovatif, lalu apakah diterima konsumen? Jawabannya, belum tentu. Lantas bagaimana caranya? Lakukan riset pasar.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Modal awal membuat desain kemasan adalah keunggulan produk harus ada, kenali target marketnya, memperjelas target market agar mempermudah desain itu sendiri. Langkah selanjutnya yaitu kenali lima elemen mendesain kemasan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Berbagi Sesama Insan, Universitas BSI Purwokerto Kolaborasi dengan Laznas Yatim Mandiri

Ade menyebutkan terdapat lima elemen mendesain kemasan: a) Brand. Nama brand sebaiknya short, simple, unique, informative, positive. “Berdasarkan pengalaman Dampu Design, brand yang aneh-aneh tidak akan bertahan lama,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Lalu, b) Warna. Pemilihan warna yang tepat sangat penting. Warna menunjukkan kesan tertentu. Warna juga sebagai identitas brand, pembeda dengan competitor; c) Image. Image terdiri dari foto dan ilustrasi. Ketika menggunakan foto, akan terlihat lebih realistis, lebih jelas, terasa enaknya dan lebih terpercaya. Sedangkan pada ilustrasi, lebih manipulatif dan fun; d) Layout; dan e) Text.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi