Jumat, 03/05/2024 - 03:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menhub: Pemulihan Sektor Penerbangan Dalam Negeri Capai 71 Persen

ADVERTISEMENTS

Pemulihan penerbangan mancanegara pada 2022 ini sudah mencapai 33 persen.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pemulihan tingkat penerbangan di dalam negeri telah mencapai 71 persen jika dibandingkan pada 2019 lalu sebelum pandemi Covid-19. Bahkan di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, pemulihan penerbangan sudah mencapai 90 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Dalam pengamatan kita dari historis maka kita bandingkan antara penerbangan saat ini dengan 2019, pada dasarnya penerbangan dalam negeri sudah mencapai recovery sebanyak 71 persen. Ini suatu jumlah yang lumayan baik, bahkan pada Soetta sudah mencapai 90 persen,” ujar Menhub Budi dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (26/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sementara untuk pemulihan penerbangan mancanegara pada 2022 ini sudah mencapai 33 persen. Menurut Budi, angka pemulihan penerbangan mancanegara ini pun sudah baik mengingat perkembangan sejumlah penerbangan secara internasional saat ini relatif belum banyak.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
PLN IP Pastikan Pembangkit Siap Pasok Listrik saat Lebaran

Karena itu, dalam rapat terbatas siang ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk melakukan peningkatan slot penerbangan dalam maupun luar negeri. “Beberapa yang kita catat bahwa semua bandara sebenarnya sudah recover pada jumlah konektivitas atau movement yang sama pada 2019,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Menurutnya sejumlah bandara sudah mencapai tingkat konektivitas yang baik, seperti di Bandara Internasional Soekarno Hatta serta Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Namun demikian, sejumlah bandara lainnya masih belum mencapai tingkat konektivitas yang maksimal seperti di Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Nah ini akan kita perhatikan kapasitas ini mengingat penerbangan dalam dan luar negeri ini begitu banyak demand-nya,” ujar Menhub Budi.

Berita Lainnya:
Kementan: Perlu Strategi Jitu Tingkatkan Produksi Sawit Hadapi El Nino

Budi mengatakan, Presiden Jokowi juga meminta agar penambahan slot penerbangan dilakukan dengan hati-hati. Menhub Budi melanjutkan, pemerintah juga akan menyesuaikan dan mengoptimalkan kapasitas bandara serta meningkatkan kualitas layanan penerbangan untuk umroh.

“Mengurangi jumlah peserta umroh di bandara 3 dan 2, tetapi kita membuat satu lounge yang convenience sekali. Ini membuat pengantar-pengantar itu bisa menunggu lebih dari 3-4 jam dengan fasilitas yang bagus,” jelasnya.

Selain itu, Kemenhub akan menugaskan PT Angkasa Pura I agar berkoordinasi dengan Angkatan Laut untuk mengembangkan bandara di Surabaya. “Hal lain yang kami lakukan, Surabaya akan kami improve, kami sedang menugaskan AP 1 untuk melakukan improvement bersama dengan Angkatan Laut, tadi saya dengan Panglima sudah berjanji melakukan itu,” ungkap Budi.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi