Kamis, 30/05/2024 - 08:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Simpang-Siur Status Eks Dirut PT LIB Berujung Ralat: Masih Tersangka, Tapi Wajib Lapor

Eks Dirut LIB Ahmad Hadian Lukita sudah dilepaskan dari tahanan oleh Polda Jatim.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

oleh Bambang Noroyono, Dadang Kurnia, Rizky Suryarandika

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Polda Jawa Timur (Jatim) memastikan status hukum Ahmad Hadian Lukita (AHL) masih tersangka. Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jatim Komisaris Besar (Kombes) Dirmanto menegaskan, status hukum terhadap AHL itu, meluruskan informasi baru-baru ini yang menyebutkan eks Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) dibebaskan dari jeratan tersangka terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang 2022. AHL, pun dikenakan wajib lapor setelah dibebaskan dari tahanan, Kamis (22/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Terhadap AHL, masih tersangka,” kata Dirmanto lewat pesan singkat kepada Republika, di Jakarta, Senin (26/12/2022).

Pada Kamis (22/12/2022) lalu, AHL dibebaskan dari rumah tahanan (rutan) lantaran masa penahanannya habis. Sementara berkas perkaranya, dikembalikan oleh tim jaksa penuntut umum (P-19) ke penyidik, karena dinilai belum lengkap formil maupun materiel. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Jember dan Lumajang Rasakan Guncangan Gempa Malang Magnitudo 5,3

 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Mabes Polri pun membenarkan status hukum AHL yang masih tersangka di Polda Jatim. Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Dedi Prasetyo mengatakan, meskipun JPU mengembalikan berkas penyidikan tak berarti status tersangka AHL gugur.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Statusnya masih tetap tersangka. Saya sampaikan, saat ini tim sedang melengkapi berkas perkara yang bersangkutan (AHL) untuk kembali dilimpahkan ke JPU berdasarkan petunjuk-petunjuk yang sebelumnya disampaikan,” kata Dedi saat dihubungi, Senin.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Namun Dedi mengakui, tersangka AHL kini tak lagi dalam masa menjalani tahanan. “Untuk saat ini, tersangka AHL hanya diwajibkan untuk wajib lapor, sambil penyidik melengkapi petunjuk-petunjuk dari jaksa,” kata Dedi.

ADVERTISEMENTS

Dedi pun kembali menegaskan, status tersangka AHL yang lepas dari tahanan sementara ini, juga bukan penghapusan status hukumnya sebagai tersangka. “Penahanannya dikeluarkan bukan berarti status tersangka bebas. Penanganan penyidikan masih tetap berproses. Berkas perkara tersangka Dirut LIB (AHL), akan dikirimkan kembali kepada JPU,” terang Dedi.

Berita Lainnya:
Kompolnas Heran Brigadir Ridhal Mengawal Pengusaha Tanpa Diketahui Pimpinan

Status AHL yang masih tersangka meralat informasi sebelumnya. Pekan lalu (22/12/2022) Irjen Dedi menyampaikan AHL yang tak lagi menyandang status tersangka. Itu dikatakan dia menyusul JPU Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim yang mengembalikan berkas perkara AHL ke penyidik karena tak dapat diajukan ke pengadilan.

“JPU-kan juga memiliki kewenangan memeriksa perkara. Dan dari komunikasi dengan JPU, JPU menilai terhadap Dirut PT LIB tidak memenuhi unsur (pidana), dan sehingga tidak dapat diajukan ke proses penuntutan,” kata Dedi. 

Karena pertimbangan JPU tersebut, kata Dedi menerangkan, penyidik melepaskan AHL dari tersangka. “Kalau tidak ada unsur seperti itu, statusnya bukan tersangka lagi. Penyidik mengikuti apa yang menjadi petunjuk dan dari hasil penelitian JPU,” terang Dedi menambahkan.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi