Sabtu, 04/05/2024 - 15:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Senator DPD: Banjir Pantura Jawa Tengah Semakin Membahayakan!!

ADVERTISEMENTS

Perlu kebijakan ekstrem untuk menyelesaikan banjir Pantura Jawa Tengah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Senator DPD, DR Abdul Kholik, mengatakan banjir yang kini melanda kawasan pantai utara (Pantura) Jawa Tengah semakin membahayakan. Ini ditandai dengan meluasnya area yang terdampak. Selain itu ketinggian banjir pun terus meningkat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

”Dampaknya sudah sangat terasa seperti lumpuhnya transportasi darat sehingga harus dialihkan ke jalur selatan Jawa Tengah. Luas area yang terdampak banjir hari ini misalnya sudah hampir mencakup semua wilayah di Pantura mulai dari Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, hingga Kudus. Jadi wilayah terdampak di Jawa Tengan itu semakin luas saja,” kata Abdul Kholik, di Jakarta, Senin 2/1/2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Maka lanjut Kholik, sekarang menjadi pertanyaan bagaimana penanganan dan antisipasi banjir di Jawa Tengah. Padahal selama ini pun penyebab banjir tersebut sudah diketahui, yaitu akibat perubahan iklim yang menimbukan ancaman rob. Selain itu juga akibat rusaknya aliran sungai dan penurunan permukaan tanah.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Bagja: Bawaslu tak Pilih-Pilih Penanganan Perkara Pemilu

Maka saat ini harus ada evaluasi total mengenai besaran kemampuan mitigasi bencana banjir itu. Jangan-jangan kemampuan yang dimiliki Jawa Tengah tidak sebanding dengan besarnya ancaman tersebut. ”Karena itulah kini diperlukan terobosan kebijakan untuk menanganginya baik secara pendek maupun jangka panjang. Jangan sampai banjir ini menjadi penghambat ekonomi wilayah, apalagi wilayah terdampak saat ini merupakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah. Ini karena sebagian kawasan industri di wilayah tersebut berada di daerah yang terkena banjir,” tegasnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kalau tidak bisa diatasi, lanjut Kholik, kenyataan banjir yang berada di kawasan industri Jawa Tenyah yang terus meluas dapat menjadi sinyal negatif bagi investor. Mereka akan menganggap banjir menjadi ancaman kelangsungan usahanya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
BMKG: Hujan Masih Berpotensi Terjadi di Wilayah Ini Hingga Akhir April 2024

”Jangan-jangan adanya banjir ini, jika akan dibuat neraca menjadi neraca berpotensi defisit. Ini berarti kemanfaatan yang diperoleh lebih kecil bila dibandingkan dengan risiko kerusakan lingkungan di kawasan Pantura. Karena itu diperlukan lompatan kebijakan dan eksekusi penanganan banjir dari hulu sampai hilir secara ekstrem,” tegasnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kholik mengatakan, langkah eskterem itu  dilakukan misalnya dengan segera menuntaskan pembangunan tanggul laut dari sepanjang Pantura, penangan seluruh daerah aliran sungai (DAS)  dan pencegahan penurunan permukaan tanah.

”Ketiga langkah tersebut, yakni pembuatan tanggul, penanganan sungai dan pencegahan penurunan tanah ini harus secepatnya dilakukan. Apalagi trend siklus iklim dan cuaca ekstem intensitasnya setiap tahun semakin meningkat. Maka, dalam waktu dekat DPD akan menggelar kajian permasalahan dan kerangka solusi banjir Pantura.”

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi