Jumat, 21/06/2024 - 04:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Pengadilan Tinggi Brasil Beri Lampu Hijau Penyelidikan Mantan Presiden Bolsonaro

Penyelidikan terhadap Bolsonaro terkait dengan kerusuhan di ibukota Brasil.

ADVERTISMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh

 RIO DE JANEIRO — Seorang hakim Mahkamah Agung Brasil memberikan otoritas untuk menyelidiki mantan presiden Jair Bolsonaro atas penghasutan yang memicu kerusuhan di ibukota pada 8 Januari lalu. Sebagai penindakan keras pada pihak yang bertanggung jawab.

ADVERTISMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Berdasarkan teks keputusannya, Hakim Alexandre de Moraes mengabulkan permintaan kantor kejaksaaan agung yang merujuk video yang Bolsonaro unggah di Facebook dua hari setelah kerusuhan terjadi. Video itu mengklaim Luiz Inácio Lula da Silva tidak dipilih oleh rakyat, tapi oleh Mahkamah Agung dan badan pemilihan Brasil.

ADVERTISMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji kepada para Calon Haji Provinsi Aceh dari Bank Aceh Indonesia

Kelompok yang baru dibentuk kejaksaan baru-baru ini untuk mengatasi tindakan anti-demokrasi berpendapat meski Bolsonaro mengunggah video itu setelah kerusuhan tapi isinya cukup untuk menjustifikasi penyelidikan pada perilakunya sebelum kerusuhan terjadi. Bolsonaro menghapus video itu di pagi setelah ia mengunggahnya.

ADVERTISMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Selain video itu, Bolsonaro menahan diri memberikan komentar setelah kekalahannya dalam pemilihan presiden 30 Oktober lalu. Ia berulang kali menyebarkan ketidakpercayaan pada sistem pemilihan elektronik sebelum pemungutan suara di gelar. Ia meminta jutaan suara dianulir karena dihitung dengan mesin.

ADVERTISMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Berita Lainnya:
Rusia: Israel Hambat Pembebasan Sandera yang Ditahan Hamas

ADVERTISMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Penghargaan Digital Goverment Award (DGA) Summit 2024

Sejak meninggalkan Brasil akhir Desember lalu ia tinggal di pinggir Orlando, Amerika Serikat (AS) dan tidak menghadiri pelantikan Lula pada 1 Januari lalu. Sejumlah anggota Partai Demokrat AS mendesak Presiden Joe Biden membatalkan visa Bolsonaro.

ADVERTISMENTS
Ucapan Selamat atas Pelantikan Jabatan di Pemerintah Aceh. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Baik Bolsonaro maupun tiga putranya yang menjabat sebagai anggota parlemen yang menanggapi keputusan hakim pada Jumat (13/1/2023) malam itu. Pihak berwenang Brasil menyelidiki siapa dalang aksi pendukung radikal Bolsonaro menyerbu gedung Kongres, Mahkamah Agung dan Istana Presiden untuk membatalkan hasil pemilihan bulan Oktober.

ADVERTISMENTS
Selamat dan Sukses atas dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Targetnya termasuk siapa yang mengajak para pendukung Bolsonaro atau membiayai perjalanan mereka. Selain itu personel keamanan yang diam saja saat kerusuhan terjadi.

ADVERTISMENTS
Bayar Jalan Tol dengan menggunakan Pengcard

Sebagian besar perhatian tertuju pada mantan menteri kehakiman Bolsonaro, Anderson Torres. Ia diangkat sebagai kepala keamanan distrik federal pada 2 Januari dan berada di Amerika Serikat (AS) saat kerusuhan terjadi.

Berita Lainnya:
KPU Belum Terima File Putusan MA Soal Aturan Batas Minimal Usia Calon Kepala Daerah

Pada pekan ini De Moraes memerintahkan penangkapan Torres dan membuka penyelidikan terhadap aksinya yang digambarkan “penelantaran dan kolusi.” Dalam keputusan yang dibuka untuk publik, de Moraes mengatakan Torres memecat bawahannya dan meninggalkan Brasil sebelum kerusuhan terjadi, terdapat indikasi ia sengaja meletakan dasar-dasar kerusuhan.

Menteri Kehakiman Brasil Flavio Dino mengatakan pengadilan juga mengeluarkan perintah penangkapan Torres dan ia harus segera pulang dalam tiga hari atau Brasil akan meminta ekstradisi.

“Bila sampai pekan depan kehadirannya tidak dapat terkonfirmasi, tentu kami akan menggunakan mekanisme kerja sama hukum internasional, kami akan menggunakan prosedur itu pekan depan untuk ekstradisinya,” kata Dino.

Torres membantah melakukan kesalahan dan pada 10 Januari di Twitter ia mengatakan ia akan memotong liburannya untuk pulang ke Brasil dan membela diri. Tiga hari kemudian ia belum juga pulang.

sumber : AP

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قُلِ اللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثُوا ۖ لَهُ غَيْبُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ أَبْصِرْ بِهِ وَأَسْمِعْ ۚ مَا لَهُم مِّن دُونِهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا يُشْرِكُ فِي حُكْمِهِ أَحَدًا الكهف [26] Listen
Say, "Allah is most knowing of how long they remained. He has [knowledge of] the unseen [aspects] of the heavens and the earth. How Seeing is He and how Hearing! They have not besides Him any protector, and He shares not His legislation with anyone." Al-Kahf ( The Cave ) [26] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi