Kamis, 09/05/2024 - 03:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Wamenkeu Sebut, Defisit APBN Jadi Salah Satu Strategi Dorong Pertumbuhan

ADVERTISEMENTS

Belanja negara yang ditargetkan mencapai Rp 3.000 triliun pada 2023

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan salah satu strategi menghadapi 2023 yang masih penuh tantangan dan ketidakpastian. Hal itu menjadi pilihan agar pemerintah bisa benar-benar melakukan belanja negara yang produktif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ia mengatakan, belanja negara yang ditargetkan mencapai Rp 3.000 triliun pada 2023 akan dimaksimalkan guna mendorong dunia usaha menghadapi era suku bunga tinggi. Harapannya, pengelolaan fiskal yang tepat akan dapat mendorong pencapaian target Produk Domestik Bruto (PDB) 2023 sebesar Rp 21 ribu triliun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kita akan terus mendorong supaya Rp 3.000 triliun belanja negara itu akan benar-benar bisa kita gunakan secara efisien. Itu untuk menghasilkan Produk Domestik Bruto yang kita harapkan 2023 mencapai Rp21 ribu triliun,” tuturnya dilansir dari website Kementerian Keuangan, Jumat (13/1).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Bulog Serap 64 Ribu Ton Beras Selama Musim Ramadhan dan Lebaran

Selain itu, alokasi belanja negara juga akan dioptimalkan demi menahan dampak inflasi, menjaga daya beli masyarakat dan menguatkan belanja berkualitas. Lalu peningkatan kualitas belanja daerah untuk mendorong pertumbuhan dan kesejahteraan serta melakukan akselerasi pembangunan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kita bangun infrastruktur lebih cepat, kita bangun jembatan lebih cepat, jalan tol, dan seterusnya. Belanja pemerintah daerah dalam bentuk dana transfer ke daerah juga mendorong pembangunan di daerah yang digiring oleh seluruh Pemda di Indonesia, sehingga anggaran defisit itu strategi kita untuk mendorong pertumbuhan,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Garuda Bakal Gabung Holding InJourney Tahun Ini?

Meski begitu, Wamenkeu menyampaikan defisit APBN harus dikelola secara hati-hati sehingga tetap terkendali. Kinerja APBN 2022 yang positif dengan defisit di bawah tiga persen akan lebih cepat mencapai upaya konsolidasi fiskal.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Meski menurut Undang-Undang 2 Tahun 2020 kita diperbolehkan defisit di atas 3 persen sampai dengan Tahun Anggaran 2022, tapi kita bisa menutup Tahun Anggaran 2022 dengan defisit yang sudah di bawah 3 persen. Sekarang dalam proses akan diaudit dan moga-moga nanti kita yakini 2,38 persen dari PDB defisit 2022,” ujar Suahasil.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi