IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Buka Sidang Kabinet, Jokowi Minta APBN Difokuskan untuk Kegiatan Produktif

Buka Sidang Kabinet, Jokowi Minta APBN Difokuskan untuk Kegiatan Produktif

Jokowi meminta jajarannya untuk memfokuskan APBN 2023 pada kegiatan yang produktif.

 JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk memfokuskan APBN 2023 pada kegiatan dan program yang produktif. Utamanya, ia menyoroti untuk penciptaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan.

“Saya minta untuk APBN 2023 betul-betul difokuskan pada kegiatan-kegiatan, pada program-program yang benar-benar produktif,” kata Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/1/2023).

BACAAN LAIN:
Jokowi Akan Setop Ekspor Tembaga Tahun Ini

Ia juga meminta agar APBN 2023 fokus menyelesaikan prioritas nasional, baik terkait penurunan stunting, penurunan kemiskinan ekstrem, ketahanan pangan, serta agenda menjelang pemilu. Ia pun menginstruksikan kementerian agar mendorong transfer ke daerah, termasuk juga transfer dana desa. Dana tersebut ditekankan agar betul-betul digunakan untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Dana ini harus memberikan dan memacu ekonomi daerah sehingga jangan sampai dananya ditransfer dan tidak memberikan efek memacu ekonomi di daerah,” ujarnya.

BACAAN LAIN:
Kinerja Sektor Keuangan Terjaga, Kredit Tumbuh dan Gagal Bayar Turun

Jokowi juga mengingatkan agar APBD bisa sinkron dengan APBN atau dengan prioritas nasional terutama terkait ekonomi kerakyatan, ekspor, dan juga terkait investasi.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Buka Sidang Kabinet, Jokowi Minta APBN Difokuskan untuk Kegiatan Produktif
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!