Sabtu, 27/04/2024 - 04:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Kunjungan Turis ke Thailand Melonjak Meski Belum Lampaui Level Pra-Pandemi

ADVERTISEMENTS

Sebelum pandemi, China adalah sumber turis terbesar Thailand.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 BANGKOK — Otoritas Thailand menyatakan, jumlah kunjungan turis melonjak sepanjang tahun lalu didorong oleh pelonggaran pembatasan selama pandemi. Meski demikian kenaikan kunjungan turis itu masih belum lampaui level sebelum pandemi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Seperti dilansir dari BBC, Selasa (24/1/2023), destinasi liburan unggulan Asia Tenggara ini dikunjungi 11,81 juta wisatawan pada 2022 atau naik sekitar 400 ribu kunjungan dari tahun sebelumnya. Otoritas Pariwisata Thailand memperkirakan angka itu bakal meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 25 juta tahun ini. Namun, angka tersebut masih jauh lebih rendah dari rekor 39,8 juta turis Thailand pada 2019 lalu. Thailand pun memiliki target untuk meningkatkan jumlah wisatawan menjadi 80 juta per tahun pada 2027.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Diskon Sejumlah Ruas Tol Saat Mudik, Ini Imbauan untuk Pemudik

Pendapatan pariwisata menyumbang lebih dari 10 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara pada 2019. Pada 2021, pariwisata hanya mampu menyumbang satu persen terhadap PDB. PDB dapat mengukur semua aktivitas ekonomi dan merupakan alat penting untuk melihat seberapa baik atau buruk perekonomian berjalan.

ADVERTISEMENTS

Dengan menargetkan lebih dari dua kali lipat jumlah orang yang berkunjung sebelum pandemi, Pemerintah Thailand berharap pengeluaran para wisatawan dapat meningkat di atas 150 miliar dolar AS per tahun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Target ini, setelah tercapai, dapat meningkatkan pendapatan pariwisata negara menjadi lima triliun baht pada 2027,” kata Departemen Hubungan Masyarakat pemerintah dalam sebuah unggahan di Facebook, seperti dikutip dari BBC.

Dalam pengumuman itu juga disampaikan, Thailand berencana untuk meningkatkan standar keamanan pariwisata untuk mengakomodasi masuknya pengunjung.

Berita Lainnya:
PGE Pastikan Dukungan Energi Hijau Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Seperti negara ASEAN lainnya, Thailand diperkirakan akan mengalami lonjakan jumlah turis dari China yang telah mencabut kontrol perbatasan ketat yang diberlakukan selama pandemi.

Pada Desember, administrasi imigrasi China mengatakan aplikasi paspor untuk warganya yang ingin melakukan perjalanan internasional akan dilanjutkan mulai 8 Januari. Pengumuman itu mengakhiri hampir tiga tahun aturan karantina ketat untuk kedatangan dan mendorong serbuan orang yang memesan perjalanan ke luar negeri, dengan situs perjalanan melaporkan lonjakan lalu lintas.

Sebelum pandemi, China adalah sumber turis terbesar Thailand, dengan hampir 11 juta pengunjung pada 2019. Tahun ini, Thailand mengharapkan setidaknya ada lima juta turis China yang datang berwisata. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi