IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Pemrov Riau Dorong Himpun Potensi Zakat Rp 1,8 Triliun

Pemrov Riau Dorong Himpun Potensi Zakat Rp 1,8 Triliun

Potensi zakat Rp 1,8 triliun di antaranya berasal dari ASN.

JAKARTA – – Pemerintah Provinsi Riau mendorong penghimpunan potensi zakat Rp 1,8 triliun yang bisa dikelola lembaga-lembaga pengumpul zakat resmi guna mempercepat pengentasan kemiskinan di daerah ini.

Asisten I Sekretaris Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy di Pekanbaru, Rabu, menyebut potensi zakat Rp 1,8 triliun itu, di antaranya Rp 32,2 miliar berasal dari gaji ASN di lingkungan pemprovsetempat pada 2022 sudah dipotong 2,5 persen dari penghasilan mereka untuk yang berhak menerima.

“Ini sebuah kewajiban sebagai muslim dan bukan prestasi,” katanya.

 

BACAAN LAIN:
Wagub Jateng Ajak Mahasiswa Rawat Kerukunan

Ia mengatakan kewajiban muslim 2,5 persen dipotong dari gaji pegawai dengan potensi lain bisa juga berasal dari ASN TNI dan Polri, karyawan serta pengusaha.

Ia menjelaskan jika sudah mencapai haul atau nisab maka tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak berzakat.

Ia menyebutkan bahwa berzakat bagi yang mampu sebagai kewajiban.

Ia mengharapkan, masyarakat menyadari hal tersebut dalam upaya mempercepat pengentasan kemiskinan di “Bumi Melayu” –sebutan untuk Riau– itu.

Ia mengatakan sekitar 500 ribu keluarga miskin di Riau perlu mendapat perhatian untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Di bawah koordinasi Kanwil Kemenag Riau dan Pemprov Riau, ujarnya, akan bersinergi dengan Baznas dan Laznas IZI Perwakilan Riau membantu keluarga miskin.

Keberadaan resmi Laznas IZI Riau yang sudah menjalani audit dengan kantor baru di Jalan Paus No. 10C Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru tersebut dan lembaga-lembaga pengelola zakat dan wakaf lain, kata dia, agar terus meningkatkan profesionalisme, akuntabilitas publik, dan menjaga amanah para amil.

BACAAN LAIN:
Gus Yahya: Muktamar Internasional Fikih Peradaban Sebagai Triger

Selain itu, katanya, mampu berorientasi untuk memajukan, memberdayakan, dan memuliakan umat.

Ia berharap, pemangku kepentingan terkait dengan pengelolaan zakat dan wakaf harus selalu dekat dengan persoalan-persoalan riil masyarakat dan berorientasi memajukan, memberdayakan, serta memuliakan kehidupan umat.

General Manager Zakat Funding Nasional (GM ZFN) IZI Pusat Sutanto mengatakan Kantor Wilayah Laznas IZI Riau merupakan cabang ke-15 dari 16 kantor cabang yang tersebar di beberapa daerah diIndonesia.

Ia mengatakan dengan keberadaan IZI Perwakilan Riau tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam memuliakan masyarakat.

Laznas IZI Riau, ujar dia, dapat mengelola dana umat dengan baik, transparan, dan amanah.

Sumber: Republika

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Pemrov Riau Dorong Himpun Potensi Zakat Rp 1,8 Triliun
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!