Selasa, 21/05/2024 - 04:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Rasulullah Juga Contohkan Setia kepada Hewan

Ilustrasi.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Rasulullah Saw tidak hanya mengajarkan umatnya setia kepada sesama manusia saja. Namun Rasulullah juga memberikan contoh agar kesetiaan itu juga diperlihatkan kepada hewan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ahmad Muhammad al-Hufy dalam bukunya Akhlak Nabi Muhammad Saw menjelaskan tentang bagaimana Rasulullah memberlakukan hewan sebagai makhluk berharga. Sehingga dia juga memberikan kesetiaannya kepada hewan.

Ahmad mengatakan telah disebutkan dalam bab keberanian bahwa Rasulullah mempunyai hubungan batin dengan senjatanya dan menghormatinya hingga beliau memberi nama pada tiap alat perangnya layaknya memberi nama kepada orang hidup.

Berita Lainnya:
Adab saat Naik Haji

Rasulullah menyuruh memberi ganjaran kepada hewan dengan setimpal dengan jasa dan pelayanannya. Ahmad mengatakan ketika datang seseorang bernama Laila, istri Abu Dzarr dengan menaiki unta milik Rasulullah sesudah Perang Dziqard, dia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kau telah bernazar kepada Allah akan menyembelih unta ini apabila aku diselamatkan oleh Allah di atas unta ini, maka aku akan memakan limpa dan punuknya.”

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Apakah Boleh Menggabungkan Niat Qurban dan Aqiqah?

Rasulullah pun tersenyum, kemudian menanggapi, “Alangkah jeleknya pembalasanmu kepada hewan itu. Allah telah membawamu di atasnya dan engkau telah diselamatkan-Nya dengan sebab hewan itu, lantas kau mau menyembelihnya. Sesungguhnya bukan nazar yang sah dengan berbuat maksiat kepada Allah dan mengenai barang yang tidak kamu miliki. Unta itu milikku, maka pulanglah kepada keluargamu, semoga engkau diberkahi Allah.”

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Anjuran bersikap setia…

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi