Selasa, 21/05/2024 - 00:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Tips Tidur Nyenyak di Pesawat, Tetap Nyaman Meski Penerbangan Jarak Jauh

JAKARTA — Ketika berlibur dan harus menempuh penerbangan jarak jauh, idealnya orang akan tidur selama perjalanan. Saat tiba di tujuan akhir, orang berharap sudah merasa cukup istirahat dan siap untuk menikmati destinasi wisata. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Namun, penerbangan jarak jauh tidak selalu berjalan mulus bagi sebagian orang. Ada yang mungkin kesulitan untuk tidur dan merasa jet lag bahkan lebih buruk ketika berada di pesawat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Namun ada tips yang bisa dilakukan untuk membuat perjalanan lebih tenang. Berikut ini tips agar tidur di pesawat lebih baik dan lebih memaksimalkan kualitas perjalanan seperti dilansir Best Life, beberapa waktu lalu:

1. Prioritaskan istirahat sebelum berangkat

Beberapa orang cenderung khawatir mereka tidak akan tidur nyenyak dalam penerbangan. Untuk itu, mereka mencoba tetap terjaga dalam jangka waktu lama sebelum memulai perjalanan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Namun, para ahli mengatakan pendekatan seperti ini justru biasanya menjadi bumerang. Hal itu bisa berpotensi menyebabka kurang tidur.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Mulailah perjalanan Anda dengan istirahat yang cukup,” kata Ellen Wermter, FNP-BC, pakar tidur, perwakilan The Better Sleep Council, dan praktisi perawat keluarga. Peluang terbaik untuk mendapatkan tidur restoratif adalah di lingkungan rumah, di tempat tidur yang nyaman.

2. Latihan sebelum liburan

ADVERTISEMENTS

Berolahraga 24 jam sebelum lepas landas juga dapat membantu tidur lebih nyenyak di pesawat. Pastikan untuk berolahraga sehari sebelum penerbangan dan pertimbangkan untuk melakukan peregangan ringan sebelum dan selama perjalanan.

ADVERTISEMENTS

“Olahraga membangun dorongan untuk tidur, dan peregangan akan membuat otot Anda bahagia dan rileks sehingga lebih mudah untuk mendapatkan dan tetap nyaman,” kata Wermter.

Berita Lainnya:
Artis Rayakan Kemenangan Indonesia, 'Timnas Bukan Cuma Ngelawan Tapi Bikin Kewalahan'

3. Pilih tempat duduk yang tepat

Meskipun ada banyak faktor yang berada di luar kendali saat terbang, Anda dapat memilih tempat duduk. Sebelum melakukannya, pastikan untuk memikirkan terlebih dahulu fitur mana yang paling membuat nyaman dan memungkinkan istirahat optimal.

“Pilih tempat duduk dekat jendela untuk menikmati lebih banyak ruang siku, kebebasan untuk bersantai bersandar pada dinding, dan akses ke tirai jendela untuk mengontrol jumlah sinar matahari yang masuk,” kata Danielle Desir Corbett, pakar perjalanan mewah dengan harga terjangkau di The Thought Card. 

Dengan tempat duduk dekat jendela, Anda tidak perlu menggerakkan kaki ketika penumpang lain ke toilet. Alternatifnya, Anda mungkin bisa memilih duduk di barisan pintu keluar darurat yang memiliki ruang cukup luas di depannya. Luangkan waktu untuk meninjau jenis pesawat dan pertimbangkan membayar lebih demu ruang kaki ekstra atau kursi pilihan.

4. Bawa barang yang diperlukan

Berita Lainnya:
Dapat Surat Tilang Melalui Whatsapp? Cek Dulu Nomor Telepon Pengirimnya

Wermter mengatakan, penting untuk menciptakan zona minim sensorik dengan membawa barang-barang penting seperti masker mata, penutup telinga, dan bantal perjalanan untuk kenyamanan. Bantal memberikan dukungan penting untuk kepala dan leher yang mengurangi ketidaknyamanan dan meningkatkan relaksasi.

Julia Forbes, pelatih ilmu tidur bersertifikat di Sleep Advisor mengatakan dengan penyangga leher yang tepat, kecil kemungkinan orang terbangun dengan rasa sakit. Dengan begitu, tidur jadi tidak terganggu selama penerbangan.

Dia mengatakan, headphone peredam bising juga dapat membantu tidur lebih nyenyak dalam penerbangan jarak jauh. Ini bisa memblokir beberapa kebisingan, sehingga menghilangkan gangguan. “Jadi lebih mudah untuk mencapai tidur yang lebih nyenyak dan tenang selama penerbangan,” kata dia.

5. Makan dan minum dengan benar

Bukan hal yang aneh bagi para pelancong untuk menghabiskan waktu di bandara dengan menyantap makanan sebelum lepas landas. Namun, Wermter menyarankan untuk tidak makan berlebihan, yang dapat membuat tidak nyaman saat duduk. Makanan yang tinggi garam, lemak, dan gula kemungkinan besar terbukti menimbulkan masalah.

“Sangat penting juga untuk tetap terhidrasi selama penerbangan,” ujar Forbes. 

Kabin pesawat biasanya sangat kering sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sulit tidur. Dengan minum cukup air, orang tetap terhidrasi sehingga membantu tidur nyenyak. 

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi