Kamis, 18/04/2024 - 13:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Tiga Parpol yang Berpeluang Menang di Pemilu 2024 Menurut Survei

ADVERTISEMENTS

Hingga kini hanya ada tiga parpol yang elektabilitasnya di atas 10 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Hasil survei LSI Denny JA menyebutkan bahwa tiga partai politik (parpol) berpeluang menjadi pemenang di Pemilu 2024. Ketiga parpol itu yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Setahun sebelum pelaksanaan pemilu 2024, hanya tiga partai yang perolehan dukungannya di atas 10 persen yaitu PDIP, Golkar, dan Gerindra. Ketiga partai ini berpeluang untuk menjadi pemenang di pemilu 2024,” kata Direktur SIGI- LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil survei lembaganya, PDI Perjuangan mendapatkan dukungan sebesar 22,7 persen, Partai Golkar 13,8 persen, dan Partai Gerindra 11,2 persen. Menurut dia, terdapat empat parpol yang elektabilitasnya melebihi ambang batas parlemen sebesar 4 persen yaitu PKB, Partai Demokrat, PKS, dan Partai Nasdem.

Berita Lainnya:
Ayah Aniaya Anak Tiri Hingga Tewas di Bandung

“PKB mendapat dukungan sebesar 8 persen, Demokrat memperoleh 5 persen, PKS 4,9 persen, dan Partai Nasdem mendapat dukungan 4,4 persen,” ujarnya.

Ardian menilai selain tujuh parpol tersebut, partai lain yang ikut Pemilu 2024 harus berusaha keras agar bisa lolos ambang batas parlemen. Menurut dia, parpol yang baru pertama kali ikut pemilu, mendapatkan dukungan di bawah 1 persen.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berikut hasil survei LSI Denny JA pada Januari 2023, yaitu PDI Perjuangan (22,7 persen), Partai Golkar 13,8 persen, Partai Gerindra 11,2 persen, PKB (8 persen), Partai Demokrat (5 persen), PKS (4,9 persen), Partai NasDem (4,4 persen),

Berita Lainnya:
Viral Perempuan Cantik Buka Jasa Penitipan Suami untuk Ibu-Ibu yang Akan Mudik

Partai Perindo (2,8 persen), PPP (2,1 persen), PAN (1,9 persen). PSI (0,5 persen), PBB, Partai Garuda, Partai Ummat dengan dukungan sebesar 0,3 persen, Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Gelora, dan PKN dengan dukungan sebesar 0,1 persen.

Survei nasional LSI Denny JA dilakukan pada 4-15 Januari 2023 dengan riset kualitatif, dan menggunakan 1200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Wawancara dilaksanakan secara tatap muka. Margin of error survei  adalah sebesar +/- 2,9 persen. Riset kualitatif dilakukan dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview.

 

 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi