Selasa, 07/05/2024 - 04:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Seattle Kota AS pertama Larang Diskriminasi Kasta

ADVERTISEMENTS

Pekerja kasta rendah India (Dalit). Seattle menjadi kota pertama di Amerika Serikat (AS) yang melarang diskriminasi kasta pada Selasa (21/2/2023). Dewan lokal memilih untuk menambahkan kasta ke undang-undang antidiskriminasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

SEATTLE — Seattle menjadi kota pertama di Amerika Serikat (AS) yang melarang diskriminasi kasta pada Selasa (21/2/2023). Dewan lokal memilih untuk menambahkan kasta ke undang-undang antidiskriminasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Langkah tersebut membahas masalah penting bagi diaspora Asia Selatan di kawasan itu, khususnya komunitas India dan Hindu. Sistem kasta India adalah salah satu bentuk stratifikasi sosial kaku tertua di dunia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Perang melawan diskriminasi kasta sangat terkait dengan perjuangan melawan segala bentuk penindasan,” kata anggota Dewan Kota Seattle keturunan India-Amerika Kshama Sawant.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sistem kasta sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan memungkinkan banyak hak istimewa untuk kasta teratas tetapi menekan kasta yang lebih rendah. Komunitas Dalit berada di anak tangga paling bawah dalam sistem kasta Hindu India dan telah diperlakukan sebagai kelompok terendah.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Rencana Netanyahu Tingkatkan Tekanan Militer Agar Hamas Bebaskan Sandera

“Diskriminasi kasta tidak hanya terjadi di negara lain. Itu juga dihadapi oleh pekerja Asia Selatan Amerika dan imigran lainnya di tempat kerja mereka, termasuk di sektor teknologi, di Seattle dan di kota-kota di seluruh negeri,” kata Sawant saat ditemui di kantornya memperkenalkan proposal untuk melarang diskriminasi berbasis kasta di Seattle.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Undang-undang diskriminasi AS melarang diskriminasi keturunan tetapi tidak secara eksplisit melarang kasta. Sedangkan diskriminasi kasta dilarang di India lebih dari 70 tahun yang lalu, tetapi bias tetap ada. Menurut beberapa penelitian dalam beberapa tahun terakhir menemukan bahwa orang dari kasta rendah kurang terwakili dalam pekerjaan dengan gaji lebih tinggi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Vietnam Optimalkan Gelar UNESCO untuk Perkuat Sosial Ekonomi

Meskipun India telah melarang ketidaktersentuhan, Dalit masih menghadapi pelecehan yang meluas di seluruh negara itu. Upaya kelompok ini untuk mobilitas sosial ke kasta lebih atas kadang-kadang dihentikan dengan kekerasan.

Perdebatan tentang hierarki sistem kasta diperdebatkan di India dan luar negeri, dengan masalah yang terkait dengan agama. Beberapa orang mengatakan diskriminasi sekarang jarang terjadi.

Pemerintah India membuat kebijakan yang memberikan kursi khusus untuk mahasiswa kasta rendah di universitas terkemuka India. Tindakan ini diakui telah membantu banyak pekerjaan teknologi di Barat dalam beberapa tahun terakhir. Aktivis yang menentang diskriminasi kasta mengatakan, itu tidak berbeda dengan bentuk diskriminasi lain seperti rasisme dan karenanya harus dilarang.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi