Jumat, 17/05/2024 - 18:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jokowi Klaim Pembebasan Lahan di IKN tak Rugikan Masyarakat

SEPAKU — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeklaim pemerintah telah menyiapkan opsi agar pembebasan lahan untuk Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur tidak merugikan masyarakat. Ia mengaku telah berkomunikasi dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono agar proses pembangunan IKN ini tidak membuat masyarakat merasa dirugikan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Kemarin sore sudah saya bicarakan dengan pak Bambang. Bahwa jangan sampai masyarakat dirugikan,” ujar Jokowi saat meninjau menara pandang IKN, Kamis (23/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menurut dia, terdapat beberapa opsi yang diberikan kepada masyarakat, yakni di antaranya ganti untung dan juga relokasi lahan lain. “Oleh sebab itu, ada beberapa opsi, baik ganti untung atau juga relokasi diberikan lahan yang lain. Saya kira ada beberapa opsi, pilihan lain sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan,” tegasnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Arie Untung Patah Hati Lihat UAH Diserang Jemaah Salafi: Katanya Berilmu Kok Mengkafirkan Ulama?

Sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, pemerintah sudah memiliki sistem dan tata cara pengadaan tanah melalui appraisal independen dan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Soal harga tanah bukan ranah kewenangan dirjen di satu kementerian. Tapi yang jelas, pemerintah sudah memiliki cara untuk pengadaan tanah agar bisa diselesaikan dengan cepat, adil, dan sesuai dengan aturan,” kata Moeldoko usai bertemu tokoh masyarakat adat dari Dayak Paser, Balik, dan Banjar di Kalimantan Timur, dikutip dari siaran pers KSP, Sabtu (11/2/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Moeldoko menegaskan, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur bukan hanya pemindahan secara fisik. Namun mewujudkan pembangunan dengan pendekatan Indonesia sentris, adil, merata, dan menciptakan budaya kerja yang sama sekali baru.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Gibran Berharap Jokowi Bisa Bertemu Megawati, Sekjen PDIP Balas Menohok, Pakai Kata Bohong

Ia juga memastikan, pembangunan dan pemindahan ibu kota negara bisa menjadi pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan IKN dan daerah penyangga.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Jelas pemerintah tidak pernah meninggalkan masyarakat adat dan sekitar. Justru pemerintah mendorong masyarakat terlibat dalam pembangunan IKN,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Karena itu, ia mendorong masyarakat adat di sekitar lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) agar mulai mempersiapkan diri menghadapi pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Ia menekankan pentingnya meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia melalui berbagai pelatihan ketenagakerjaan.

ADVERTISEMENTS

“Ke depan banyak peluang baru. Ikuti berbagai sertifikasi ketenagakerjaan dan ciptakan produk-produk yang dibutuhkan warga di IKN nantinya. Jadi mulai sekarang siapkan diri baik-baik,” kata Moeldoko.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi