Rabu, 19/06/2024 - 01:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BPOM Diminta Proakif Atasi Isu Seputar Bromat di AMKD

JAKARTA — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dituntut lebih proaktif untuk mengatasi isu dan hoaks seputar bromat terkait air minum dalam kemasan (AMDK) produksi dalam negeri. Kampanye hitam yang melibatkan influencer tersebut memuat informasi hoaks terkait persaingan bisnis AMDK yang merugikan perusahaan nasional.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kalau di video itu tidak jelas sumbernya dari mana, jadi kita juga meragukan itu hasil beneran atau nggak,” kata Ketua Program Studi Doktor Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Zullies, Prof Dr apt Zullies Ikawati kepada media di Jakarta, Jumat (17/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Menurut dia, video kampanye bermuatan hoaks itu harus dipastikan kebenarannya. “Pastikan datanya valid, dari sumber yang terpercaya. Misal ada data lab yang tersebar di media sosial, cek sumber penyebarnya, ada info rujukannya atau tidak. Bahasanya tendensius apa tidak,” ucap Zullies.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Jadi, jika sang unfluencer bilang bahwa bromat itu membuat rasa agak manis, yang itu sering dijadikan tagline promo produk air tersebut “yang ada manis-manisnya’, maka itu sebenarnya adalah tidak benar. Karena sesungguhnya bromat  tidak berasa apapun,” kata Zullies menambahkan.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Jude Bellingham Menangis Usai Juara Liga Champions: Ini Malam Terbaik dalam Hidup Saya

Sejauh ini, BPOM secara tegas menyatakan, semua produk AMDK di Indonesia selalu dipantau. BPOM menyampaikan, tidak ada merek yang melampaui ambang batas berbahaya yang dijual ke masyarakat. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“BPOM RI secara rutin melakukan pengawasan terhadap AMDK yang beredar di Indonesia. Hasil pengawasan menunjukkan bahwa AMDK yang beredar saat ini masih memenuhi persyaratan keamanan dan mutu,” tegas Kepala Biro Kerja Sama dan Humas BPOM RI, Noorman Effendi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Menurut dia, apabila ada produk tertentu ditemukan tidak sesuai dan berisiko mengganggu kesehatan konsumen, pihaknya akan menjatuhkan sanksi. “Sanksi tersebut dapat berupa penarikan produk dari peredaran, hingga pencabutan izin edar,” kata Noorman.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Sindir Jokowi, Rocky Gerung Bahas soal Tapera: Mana Kita Tahu Dana Itu Digunakan buat IKN

Kampanye hitam dengan mengangkat isu bromat mulai digencarkan lagi pada awal tahun 2024, dan berlanjut sampai sekarang. Influencer media sosial dilibatkan untuk menyebarluaskan video dengan menuding bahwa produk AMDK dalam negeri mengandung senyawa bromat melewati ambang batas.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Kembali diangkatnya isu bromat ini juga mengundang keprihatinan dari kalangan akademisi lainnya. Guru Besar FMIPA Universitas Indonesia, Profesor Budiawan meminta seluruh produsen AMDK agar menaati aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan BPOM. Menurut dia, apabila benar-benar ditemukan pelanggaran, pemerintah wajib memanggil atau mengevaluasi produsen AMDK tersebut.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Kalau ada unsur kesengajaan, tentu sanksinya bisa lebih dari teguran, semisal ditutup dan sebagainya, karena artinya produsen itu tidak siap dan tidak tanggap untuk mengantisipasi perlindungan konsumen sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Budiawan

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ مَغْرِبَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَغْرُبُ فِي عَيْنٍ حَمِئَةٍ وَوَجَدَ عِندَهَا قَوْمًا ۗ قُلْنَا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِمَّا أَن تُعَذِّبَ وَإِمَّا أَن تَتَّخِذَ فِيهِمْ حُسْنًا الكهف [86] Listen
Until, when he reached the setting of the sun, he found it [as if] setting in a spring of dark mud, and he found near it a people. Allah said, "O Dhul-Qarnayn, either you punish [them] or else adopt among them [a way of] goodness." Al-Kahf ( The Cave ) [86] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi