Sabtu, 04/05/2024 - 09:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemenhub Percepat Konstruksi Tangga Tambahan di Stasiun Manggarai

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan mempercepat konstruksi pembangunan lima tangga tambahan di Stasiun Manggarai, Jakarta, untuk menambah alternatif akses penumpang, sehingga dapat mengurai kepadatan di stasiun itu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Untuk menyikapi kondisi Stasiun Manggarai yang belakangan ini terbilang padat khususnya pada peak hour, kami sudah mulai lakukan konstruksi tangga tambahan dari lantai concourseke peron lantai dasar pada peron jalur 6 dan 7 yang akan segera disusul peron jalur 8 dan 9 di Stasiun Manggarai,” kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Risal menyebutkan total ada lima tangga manual tambahan dibangun oleh DJKA pada sisi utara dan selatan Manggarai, termasuk satu tangga baja gantung sebelah selatan yang saat ini sudah selesai dan sudah dapat dipergunakan oleh penumpang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia pun optimistis pembangunan tangga tambahan tersebut dapat diselesaikan dalam beberapa pekan ke depan. “Nantinya, apabila pembangunan semua tangga tambahan ini rampung, kami berharap upaya ini akan dapat membantu memperlancar proses transit sekaligus dapat menjadi solusi alternatif perpindahan penumpang,” ujar Risal.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
PDIP Blacklist Mantu Jokowi, Bobby Nasution untuk Pilkada 2024

Terlebih saat ini, aktivitas perpindahan penumpang masih terpusat pada tangga, eskalator, dan lift existing, khususnya pada puncak aktivitas sibuk, yaitu sekitar pukul 06.00-09.00 dan pukul 15.00-20.00 WIB.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan di tengah proses revitalisasi Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang masih berlangsung, terdapat sejumlah tantangan dalam upaya percepatan konstruksi tangga tambahan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Sebagai upaya mitigasi dalam mengakselerasi pembangunan tangga tambahan ini, kami telah melibatkan tenaga bantuan dari kontraktor supaya secepatnya tangga tambahan yang kami bangun dapat segera beroperasi,” tuturnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Risal menyebutkan bahwa tantangan muncul akibat pengerjaan konstruksi tangga yang dilakukan di lintas kereta api aktif dan di tengah aktivitas transit penumpang.

“Agar proses konstruksi tangga tidak mengganggu pelayanan KRL di Manggarai, waktu pengerjaannya hanya bisa dilakukan pada window timestasiun, yaitu di atas pukul 9 malam hingga 4 pagi,” ungkapnya.

Selain itu, proses konstruksi lima tangga tambahan tersebut tidak dapat dikerjakan secara paralel karena dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan penumpang. Adapun secara spesifikasi tangga manual yang dibangun oleh DJKA menggunakan material baja penuh dengan berat mencapai 8 9 ton.

Berita Lainnya:
Motif Bank Keliling Keroyok Ustad Ternyata Cuma Gegara Klakson, Mamam Deh, Ancaman Maksimal 5 Tahun Penjara

Menurut Risal, pemilihan dari material baja tersebut memiliki keunggulan dari segi waktu pengerjaan yang lebih cepat dan mempunyai lifetimeyang lebih lama dengan durabilitas lebih tinggi dibandingkan konstruksi tangga manual berbahan beton.

Hingga kini, DJKA masih mengembangkan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral pertama di Indonesia dan ditargetkan beroperasi sepenuhnya pada 2025. “Kami akan terus lakukan evaluasi secara kontinu dengan semua stakeholdersterkait agar dalam proses pembangunan yang masih berjalan ini, pelayanan KRL di Stasiun Manggarai dapat tetap berjalan dengan optimal,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi masyarakat yang telah aktif memberikan atensi, masukan, dan saran, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi terhadap pembangunan Stasiun Manggarai. “Kami mohon dukungan juga dari masyarakat agar konstruksi tangga tambahan dan pengembangan Stasiun Manggarai ke depannya dapat berjalan dengan baik,” ujar Risal.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi