Sabtu, 27/04/2024 - 01:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Gubernur BI: ASEAN Penting Bagi Perekonomian Global

ADVERTISEMENTS

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keynote speech dalam High Level Seminar From ASEAN to the World: Payment System in The Digital Era di Bali, Selasa (28/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 BADUNG — Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan Asean memiliki peranan penting dalam mendukung perekonomian global. Salah satu perannya yaitu ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Di tengah ancaman resesi global, beberapa negara di ASEAN masih mampu membukukan pertumbuhan ekonomi yang memuaskan. Tahun lalu, negara yang masuk dalam ASEAN 5 tercatat membukukan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Bandara Soekarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN

“Ini salah satu yang tertinggi di dunia kami perkirakan tahun ini akan mencapai 4,7 persen dan di 2024 akan meningkat jadi 5,6 persen,” kata Perry saat memberikan keynote speech dalam High Level Seminar From ASEAN to the World: Payment System in The Digital Era di Bali, Selasa (28/3/2023).

ADVERTISEMENTS

Selain itu, lanjut Perry, ASEAN memiliki kebijakan-kebijakan yang dinilai tepat dalam hal displin moneter. Koordinasi yang terjalin antara otoritas moneter dan fiskal juga berjalan baik. Dengan demikian, stabilitas di sektor keuangan pun selalu terjaga.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Sosok Kontroversial Omri Padan, Pemegang Franchise McDonald’s di Israel

 

Perry juga menekan peran penting kawasan ASEAN dari sisi perkembangan digitalisasi. Didukung penggunaan internet yang luas, Asean telah menjadi rumah bagi banyak perusahaan teknologi berskala unicorn hingga decacorn.

Menurut Perry, perkembangan teknologi yang pesat ini bukan hanya sekadar kebetulan. Pasalnya, hal tersebut bisa terjadi karena negara-negara kawasan telah mendorong terbentuknya inisiatif ASEAN Digital Integration Framework untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital yang besar. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi