Rabu, 08/05/2024 - 06:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Orang Kaya Cina Larikan Bisnisnya ke Singapura

ADVERTISEMENTS

Seorang pengacara di sektor manajemen kekayaan Singapura bulan lalu memperkirakan bahwa jumlah kantor manajemen kekayaan meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2022 dari 700 kantor menjadi 1500, dengan sekitar setengahnya berasal dari Cina.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Di Pulau Sentosa, turis di lepas pantai selatan daratan utama Singapura, masuknya uang asing telah mengakibatkan keanggotaan di Sentosa Golf Club naik menjadi 880.000 dolar Singapura (660.000 dolar AS) untuk orang asing, dua kali lipat harga pada tahun 2019.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Anda juga memperhatikan bahwa ada lebih banyak orang Tionghoa di kota ini dibandingkan beberapa tahun yang lalu,” kata pengawas di bank internasional besar yang berbicara tanpa menyebut nama.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Ke mana pun Anda pergi, Anda mendengar orang-orang beraksen Cina daratan dan Hong Kong.”

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Manajer penjualan Emma Chiu juga memperhatikan kehadiran lebih banyak orang Cina daratan di Singapura dalam beberapa tahun terakhir.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Teman-teman saya dan saya sering berbicara tentang bagaimana kita melihat semua orang Cina daratan ini berkeliling dengan mobil besar dan mahal, memakai semua pakaian bermerek desainer terbaru dan makan di semua restoran mewah,” kata Chiu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Komisioner HAM PBB: Perintah Evakuasi Rafah tidak Manusiawi

“Beberapa peredaran uang oleh orang Cina agak mencolok menurut selera saya, tapi saya kira itu adalah bagian dari apa yang membuat mereka menyenangkan untuk diamati juga.”

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kedatangan lebih banyak orang Cina daratan di Singapura menunjukkan bahwa orang Cina kaya tidak hanya ingin melindungi aset mereka tetapi juga keluarga mereka, menurut manajer kekayaan yang berbicara tanpa menyebut nama itu.

Singapura menjalankan program investor global di mana individu dapat memperoleh tempat tinggal permanen untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka jika mereka berinvestasi dalam jumlah minimum di negara tersebut.

“Jadi dengan memarkir aset mereka di sini, mereka dapat melindungi kekayaan serta nyawa mereka dari situasi politik yang berpotensi genting di Cina daratan atau Hong Kong,” kata manajer kekayaan itu.

Bagi orang asing berduit yang mencari keamanan untuk diri mereka sendiri dan aset mereka, Singapura memiliki daya tarik yang signifikan. Negara-kota ini adalah surga pajak yang stabil yang, selama beberapa dekade, telah menyediakan layanan perbankan dan manajemen investasi bagi orang-orang kaya dari seluruh dunia.

Berita Lainnya:
Hamas Siap Damai, Israel Ngotot Lanjutkan Perang

Bagi orang Cina daratan khususnya, Singapura juga dekat secara geografis dan budaya dengan rumah. Negara ini terletak dalam zona waktu yang sama dengan Tiongkok, dan bahasa Mandarin digunakan secara luas di antara 70 persen populasi Singapura yang beretnis Tionghoa.

Tapi arus aset dan orang dari Cina ke Singapura mungkin tidak akan bertahan lama. Yang Jiang adalah peneliti senior di Danish Institute for International Studies di mana dia melakukan penelitian tentang ekonomi politik kontemporer Cina. Dia mengatakan bahwa otoritas Cina dapat berusaha untuk lebih memperketat kontrol modal mereka yang sudah ekstensif jika pelarian modal berlanjut.

“Jika banyak pengusaha pindah dari Cina, itu bisa mulai terlihat seperti penguras otak Cina,” kata Jiang.

“Dan itu adalah perkembangan yang ingin diredam oleh pemerintah karena Cina, yang membutuhkan individu-individu swasta ini untuk mempertahankan dinamisme pasarnya.”

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi