Selasa, 18/06/2024 - 18:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Pesan Imam Al Ghazali Agar Hidup Bahagia

JAKARTA–Banyak orang mengira bahwa kaya harta akan membuat orang mendapatkan kebahagiaan. Padahal kaya harta tidak menjamin seseorang mendapatkan kebahagiaan hidup. Lalu apa sebenarnya yang membuat seseorang itu mendapatkan kebahagiaan?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Imam Al-Ghazali dalam bukunya “Serpihan Pesan Allah pada Anak Adam” menyampaikan petuah-petuah bagaimana seseoranf akan meraskan kekayaan dan kebahagiaan bukan sekadar harta. Menurut Al-Ghazali, memiliki sifat Qanaah (berpuas diri dengan apa yang ada) akan membuat seseorang merasakan kekayaan hakiki. Berpuas diri dengan apa yang ada yang dimaksud bukan harus mempunyai kekayaan harta yang melimpah namun tidak mensyukurinya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Selain itu, Al-Ghazali juga menyarankan agar meninggalkan sifat iri dan dengki. Dengan begitu maka seseorang akan merasakan ketenangan hidup. Setiap manusia pun diimbau menjauhkan diri dari perkara haram sehingga dengan sendirinya akan memurnikan agamanya.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Al-Ghazali menambahkan manusia agar senang berhibah. Sebab Allah Swt akan memberikan cinta-Nya kepada mereka yang senang berhibah. Manusia juga dianjurkan menyepi dari keramaian jika ingin mendapatkan keselamatan dari perkara buruk yang datang dari mereka. Manusia juga akan sempurna akalnya apabila sedikit bicara.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Pro Kontra Ulama tentang Badal Haji Berikut Dalil Pendukungnya

Kemudian barangsiapa yang rela dengan sesuatu yang sedikit maka Allah akan lebih dekat dengan mereka. Menurut Al-Ghazali hendaknya manusia mengamalkan ilmu yang dimilikinya. Menurut Al-Ghazali, setiap anak Adam agar bekerja dalam urusan dunia yang ditekunia seolah tidak akan pernah mati dan kumpulkan harta seolah akan kekal selamanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Namun Al-Ghazali menganjurkan agar menghindari orang-orang yang mempunyai ambisi. Al-Ghazali menyarankan agar mendekatkan diri kepada orang-orang zuhud dan jadilah pemanis bagi yang melihat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Al-Quran telah memberikan petunjuk bagaimana meraih kebahagiaan hidup. Seperti dalam Surah an-Nahl ayat 97:

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Memuliakan Guru Ngaji

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Man ‘amila ṣāliḥam min żakarin au unṡā wa huwa mu’minun fa lanuḥyiyannahū ḥayātan ṭayyibah(tan), wa lanajziyannahum ajrahum bi’aḥsani mā kānū ya‘malūn(a).

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Artinya: “Siapa yang mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan, sedangkan dia seorang mukmin, sungguh, Kami pasti akan berikan kepadanya kehidupan yang baik421) dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang selalu mereka kerjakan.”

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut Alquran Kemenag dijelaskan ayat ini menekankan bahwa laki-laki dan perempuan mendapat pahala yang sama dan bahwa amal kebajikan harus dilandasi iman. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

 

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَمَا أَظُنُّ السَّاعَةَ قَائِمَةً وَلَئِن رُّدِدتُّ إِلَىٰ رَبِّي لَأَجِدَنَّ خَيْرًا مِّنْهَا مُنقَلَبًا الكهف [36] Listen
And I do not think the Hour will occur. And even if I should be brought back to my Lord, I will surely find better than this as a return." Al-Kahf ( The Cave ) [36] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi