Jumat, 03/05/2024 - 12:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Rel Terakhir Terpasang, Seluruh Jalur KCJB Terhuhung

ADVERTISEMENTS

Pekerja berjalan ditengah rel pada proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (18/7/2022). Pemasangan rel terakhir kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat ini sudah selesai dilakukan pada 20 Maret 2023.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Pemasangan rel terakhir kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat ini sudah selesai dilakukan pada 20 Maret 2023. Dengan penyelesaian tersebut, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan seluruh jalur KCJB saat ini sudah terhubung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Artinya Jalur sepanjang 142,3 kilometer dari Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar kini sudah tersambung seluruhnya,” kata Dwiyana dalam acara seremonial penyelesaian peletakan rel terakhir KCJB di Stasiun Halim, Jumat (31/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
KAI Catat 3,1 Juta Tiket Terjual pada Masa Angkutan Lebaran 2024
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dwiyana menjelaskan, dengan tersambungnya seluruh jalur KCJB akan membantu percepatan penyelesaian proyek yang sudah memasuki tahap akhir. Menurutnya, denhmgan selesainya pemasangan rel menunjukkan bahwa operasional KCJB yang sudah di depan mata.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dia memastikan KCIC bersama seluruh stakeholder memastikan proses pemasangan rel dilakukan dengan presisi dan penuh kehati-hatian. “Karena nantinya jalur ini lah yang akan digunakan puluhan perjalanan KCJB setiap harinya,” ujar Dwiyana.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selanjutnya, kata dia, proses pembangunan seperti jaringan listrik aliran atas dan persinyalan hingga pengujian EMU KCJB akan dilakukan. Dia menegaskan, tahapan tersebut dapat dilakukan setelah semuabrel terpasang.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Proses peletakan rel memakan waktu 12 bulan sejak 20 April 2022. Pekerjaan dilakukan menggunakan mesin track laying yang pertama kali ada di Indonesia yang mampu memasang rel hingga sepanjang 4,5 kilometer per hari.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Menkop UKM: Tak Ada Aturan Batasi Jam Operasional Warung Madura

“Ini lebih cepat jika dibandingkan dengan pemasangan rel secara manual,” tutur Dwiyana.

Rel yang dipasang dengan spesifikasi khusus untuk kereta api cepat yaitu rel tipe R60 sepanjang 500 meter yang disambungkan dengan metode flash butt welding. Dengan metode tersebut, sambungan antar rel akan terasa mulus sehingga perjalanan KCJB semakin nyaman karena minim guncangan.

“Kami terus menguji, memeriksa, dan memastikan agar nantinya penumpang KCJB merasa aman dan nyaman. Mohon doa dari seluruh masyarakat agar persiapan jelang operasional KCJB ini dapat berjalan dengan lancar.” jelas Dwiyana. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi