Jumat, 26/04/2024 - 13:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Resmikan Gedung Puskesmas Samatiga, Pj Bupati Minta Tingkatkan Pelayanan

ADVERTISEMENTS

MEULABOH – Pj Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, meresmikan penggunaan gedung baru Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cot Seumeureng, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Jumat (31/03/23).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Gedung baru Puskesmas Cot Seumeureng, yang terletak di Desa Cot Pluh, Kecamatan Samatiga tersebut mempunyai sejumlah fasilitas yang akan mendukung peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Samatiga, seperti gedung utama, gedung rawat inap, gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Poned, gedung Poli, serta dilengkapi pula dengan pagar di sekeliling Puskesmas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dengan menaungi 32 desa binaan yang memiliki jumlah penduduk mencapai 15.837 jiwa dengan luas wilayah 140,69 km², Puskesmas Cot Seumeureng telah memiliki jaringan 7 Pustu, 2 Polindes, 3 Posyandu Plus dan 2 Poskesdes, serta mempunyai 8 unit rumah dinas untuk dokter, bidan dan perawat yang terletak di kawasan Puskesmas.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam sambutannya, Pj Bupati Mahdi menuturkan sektor kesehatan merupakan layanan dasar yang harus terpenuhi dan menjadi kewajiban bagi setiap tingkatan Pemerintahan. Oleh sebab itu, Pemkab Aceh Barat menjadikan sektor kesehatan sebagai salah satu elemen kunci pelayanan kepada masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Musrenbang RPJPD Aceh Besar 2025-2045 Dibuka, Pj Bupati Iswanto Beri Apresiasi

Menurutnya, keberadaan puskesmas merupakan prasarana penunjang bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang cepat dan terjangkau, sehingga diharapkan permasalahan kesehatan masyarakat di kecamatan maupun gampong akan mendapat penanganan lebih awal, sehingga mampu mengurangi beban masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Gedung baru ini, adalah langkah nyata dan wujud keseriusan pemerintah untuk meningkatkan layanan kesehatan, sekaligus mendorong tercapainya keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan” ujarnya.

Ia berharap dengan hadirnya gedung baru ini bisa menambah motivasi bagi petugas kesehatan untuk berperan aktif dalam upaya penanganan berbagai isu utama sektor kesehatan, seperti stunting, polio, penurunan angka kematian ibu dan bayi, hepatitis serta isu kesehatan masyarakat lainnya.

Disamping itu, Pj Bupati Aceh Barat itu juga berpesan kepada semua pihak, agar menjaga dan memelihara sarana dan prasarana puskesmas baru itu dengan sebaik-baiknya, terutama aspek kebersihan dan kelayakan, sehingga dapat terus dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan pintanya.

Berita Lainnya:
PT Mifa Kerahkan 1 Unit Mobil Pemadam Plus Personil Atasi Kebakaran Rumah Warga

“Semoga dengan adanya fasilitas ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua khususnya bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan yang baik”.

Pada kesempatan itu, figur nomor satu di Kabupaten Aceh Barat itu juga kembali mengingatkan semua pemangku kepentingan agar terus berperan aktif dalam upaya pengendalian inflasi daerah, penanganan stunting, penanggulangan kemiskinan ekstrem, mewujudkan stabilitas politik dan keamanan jelang pemilu 2024, realisasi Doka, mitigasi bencana daerah, pemberdayaan ekonomi masyarakat, hingga pemantapan nilai-nilai syariat islam tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah, SKM, M.Si, menuturkan bangunan baru Puskesmas Cot Seumeureng mulai dibangun sejak tahun 2019 lalu, namun karena adanya kebijakan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, pembangunannya sempat terhambat, dan baru bisa difungsikan pada tahun 2023 ini terangnya.

Kedepannya, lanjutnya, pihaknya akan terus membenahi dan melengkapi fasilitas kesehatan di Puskesmas yang baru ini, mengingat Puskesmas Cot seumeureng adalah salah satu puskesmas di Aceh Barat yang sedang dipersiapkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah.[]

Editor : Biro Meulaboh.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi