Sabtu, 15/06/2024 - 23:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemendagri Minta ASN Hidup Sederhana Jangan Flexing

 JAKARTA — Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemendagri untuk menerapkan pola hidup sederhana. Pernyataan itu disampaikan Suhajar ketika membuka Workshop Peningkatan Kapasitas ASN dengan tema ‘ASN Hidup Sederhana: No Flexing/Tidak Hedon’, Rabu (5/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Suhajar mengatakan, ASN harus mengerti kodratnya sebagai pegawai negeri, yakni hidup sederhana. Menurutnya ASN harus menerapkan prinsip tidak lebih besar pasak daripada tiang. Dia memberi contoh, ketika hendak berbelanja harus disesuaikan dengan pendapatan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Bahwa yang namanya pegawai negeri ini hidupnya sederhana. Kalau tidak mau hidup sederhana, ya harus memilih pekerjaan yang lain. Itu selalu saya sampaikan kepada pegawai, terutama kepada ASN-ASN yang baru diangkat menjadi CPNS,” kata Suhajar dalam workshop yang digelar secara daring itu.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Ketika Influencer China Diuji Kualitasnya, Sayonara 'Tukang Flexing'!

Dia menjelaskan, menurut cashflow quadrant yang dibuat oleh Robert T. Kiyosaki, ASN masuk dalam kuadran I atau kuadran pekerja (employee). Kuadran II merupakan kuadran profesi seperti pengacara dan dokter. Kuadran III contohnya manajer dan direktur perusahaan. Sedangkan kuadran IV ditempati oleh investor.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Kuadran I, kata dia, tidak menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan dengan tiga kuadran lainnya. Apalagi ASN yang merupakan pekerjaan pengabdian kepada bangsa dan negara, serta memberikan pelayanan publik prima kepada masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Kalau mau kaya jadilah di kuadran IV atau III. Kalau mau pindah kuadran, bisa, mundur jadi pegawai,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Lebih lanjut, Suhajar mendorong para ASN Kemendagri untuk mengendalikan diri agar tidak membeli barang-barang mewah, apalagi kemudian dipamerkan. Menurutnya, ASN harus tahu betul berpijak, karena hidup bukan hanya soal uang, tapi juga kebahagiaan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kampus di Yogyakarta tak Semua Bisa Siapkan Mahasiswa Dapat Kerja, Ini Kampus yang Beda

“Kehidupan kita ini adalah bagaimana mendapatkan kebahagiaan, yang mana kita yakini bahwa kebahagiaan hidup tidak selalu tergantung dengan uang. Uang yang ada pada kita ini kita kelolalah dengan baik,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Senada, motivator dan pendiri ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar menyebut ASN bisa tetap bahagia walau hidup sederhana. Menurutnya, kunci mewujudkan kebahagiaan adalah mencapai physical happiness, emotional happiness, dan spiritual happiness.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Bahagia itu bukan hanya physical happiness, tetapi juga emotional dan spiritual happiness,” ujar Ary dalam kesempatan sama. Menurut dia, ASN bisa mencapai tiga unsur kebahagiaan itu dengan melaksanakan core values ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى الكهف [13] Listen
It is We who relate to you, [O Muhammad], their story in truth. Indeed, they were youths who believed in their Lord, and We increased them in guidance. Al-Kahf ( The Cave ) [13] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi