Selasa, 21/05/2024 - 07:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Malaysia akan Dekriminalisasi Upaya Bunuh Diri

KUALA LUMPUR — Malaysia berusaha untuk mendekriminalisasi upaya bunuh diri. Ini adalah langkah terbaru dari reformasi hukum yang dilakukan oleh pemerintah Perdana Menteri Anwar Ibrahim.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Pengumuman itu muncul sehari setelah parlemen Malaysia pada Senin memilih untuk menghapus hukuman mati, memangkas jumlah pelanggaran yang dapat dihukum mati, dan menghapus hukuman penjara seumur hidup. Undang-undang saat ini menetapkan bahwa siapa pun yang mencoba bunuh diri dapat dipenjara hingga satu tahun, didenda, atau keduanya.  

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Pemerintah ingin mencabut (undang-undang) tetapi akan mempertahankan tindakan membantu dan bersekongkol untuk bunuh diri sebagai tindak pidana,” kata Menteri Hukum Azalina Othman Said dalam sebuah pernyataan pada Selasa (4/4/2023).

Berita Lainnya:
Rektor Columbia University Meminta Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Bubar

Pemerintah juga mengusulkan penguatan hukuman untuk kasus bunuh diri yang melibatkan anak-anak dan orang cacat mental. “Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa upaya bunuh diri termasuk dalam lingkup perilaku bunuh diri dan tindakan ini merupakan dampak dari ketidakmampuan mental atau gangguan kejiwaan,” kata Azalina.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dalam komentarnya tahun lalu, mantan menteri kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan, Malaysia pada 2021 mencatat 1.142 kasus bunuh diri. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan 631 kasus pada 2020.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
PBB: Ekspor Senjata ke Israel Harus Dihentikan

Tingkat kematian akibat bunuh diri berada di angka 5,7 per 100.000 penduduk pada 2019. Proposal untuk mendekriminalisasi upaya bunuh diri diperkenalkan di majelis rendah pada Selasa, namun pemungutan suara kemungkinan akan dilakukan di sesi parlemen berikutnya. Azalina mengatakan, pemerintah berharap reformasi ini akan mendorong mereka yang terkena dampak untuk mencari bantuan, menghilangkan stigma bunuh diri, dan menurunkan angka kematian akibat bunuh diri di Malaysia.

sumber : Reuters

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi